Gubernur luncurkan "BRIZZI Card" pembelian gas bersubsidi di Belitung Timur

id Belitung Timur

Gubernur luncurkan "BRIZZI Card" pembelian gas bersubsidi di Belitung Timur

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan Erzaldi Rosman Djohan (Diskominfo Babel)

Pangkalpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meluncurkan sistem "BRIZZI Card" pembelian gas bersubsidi di Kabupaten Belitung Timur, guna memudahkan masyarakat penerima manfaat bertransaksi mendapatkan gas tersebut.

"Jika dulu kita bertransaksi dengan uang tunai, maka sekarang ini beralih menjadi cashless payment atau sistem pembayaran tanpa uang tunai yang lebih mudah, aman dan praktis," kata Erzaldi Rosman Djohan dalam keterangan persnya diterima Antara Babel di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan peluncuran sistem "BRIZZI Card" yang terkoneksi dengan Aplikasi BRIMOLA merupakan berkolaborasi antara Pemprov Kepulauan Babel bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Pertamina, untuk memperbaiki persoalan pendistribusian LPG bersubsidi yang kerap tak tepat sasaran.

"Saya yakin kartu ini dapat cepat menuntaskan permasalahan subsidi elpiji 3 kilogram, karena elpiji 3kg bersubsidi hanya diperuntukkan bagi yang telah terverifikasi layak menerima subsidi oleh pemerintah," katanya.

Menurut dia dengan memadu teknologi, BRIMOLA atau BRI Monitoring Online LPG memiliki fitur info kuota real time, fleksibel, dan akses dashboard. Aplikasi berbasis web dan mobile apps ini mempermudah transaksi dan monitoring penyaluran LPG oleh agen, pangkalan, dan Pertamina.

Sementara itu, untuk memudahkan proses pembayaran, menggunakan sistem cashless dari lBRIZZI Card sebagai uang elektronik pengganti uang tunai yang berfungsi sebagai alat pembayaran dan bisa dipakai untuk membayar transaksi belanja atau transaksi lainnya.

"Kolaborasi ini menjadi solusi pintar untuk pesan, bayar, dan antar gas elpiji 3kg yang aman, nyaman, dan mudah," katanya.

Tidak hanya itu, kelaborasi ini juga mengakomodir dari hulu hingga ke hilir, mulai dari Pertamina ke agen, lalu ke masyarakat dengan pemanfaatan aplikasi BRIMOLA dan transaksi pembayaran menggunakan metode non-tunai dengan BRIZZI Card. Jumlah agen LPG Pertamina yang telah bekerja sama menggunakan aplikasi BRIMOLA di Babel sebanyak 12 agen dan 1.300 pangkalan.

Masyarakat harus merasakan langsung manfaat kemajuan teknologi ini. Manfaat ini juga membantu masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan gas subsidi, ujarnya.

Ia menambahkan penggunaan BRIMOLA dan BRIZZI Card diharapkan juga berdampak pada perekonomian terlebih pada masa pandemi ini. Pertamina menyediakan stok gas elpiji banyak tetapi masih tidak cukup. Keterbatasan stok ini berpengaruh pada harga yang melambung tinggi, tidak sesuai dengan ketetapan pemerintah.

"Semoga dengan permulaan dari aplikasi ini, akan menjadi permulaan ekonomi yang baik bagi masyarakat," katanya. 

Uploader : Angga Pramana