Bupati Bogor periksa hasil pekerjaan "Satu Miliar Satu Desa" di Rancabungur

id di Rancabungur

Bupati Bogor periksa hasil pekerjaan "Satu Miliar Satu Desa" di Rancabungur

Bupati Bogor saat melakukan kunjungan ke Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021). (ANTARA/HO-Pemkab Bogor)

Rancabungur, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Ade Yasin memeriksa hasil pekerjaan insfrastruktur jalan dari program "Satu Miliar Satu Desa" atau Samisade di Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/10).

"Alhamdulillah tadi lihat langsung hasil pembangunan jalan dari Samisade, ada 55 masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk kepentingan umum dan itu dilakukan dengan sukarela, ungkapnya usai meresmikan jalan hasil pekerjaan Samisade.

Menurutnya, ada tujuh desa di Kecamatan Rancabungur yang tahun 2021 melaksanakan program Samisade. Secara keseluruhan, panjangnya jalan yang diperbaiki di tujuh desa tersebut yaitu 6.710 meter.

Rinciannya, Desa Bantarjaya sepanjang 1.210 meter, Desa Bantarsari 1.100 meter, Desa Pasirgaok 1.000 meter, Desa Rancabungur 600 meter, Desa Mekarsari 500 meter, Desa Candali 420 meter, dan Desa Cimulang 750 meter.

Ade Yasin menyebutkan, Samisade merupakan salah satu program unggulan untuk mempercepat peningkatan infrastruktur desa, di samping Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Seperti diketahui, tahun ini Pemkab Bogor telah menganggarkan Rp318,5 miliar dari APBD Kabupaten Bogor untuk program Samisade 356 desa guna menstimulasi pembangunan infrastruktur desa.

Kemudian pada tahun 2022 Pemkab Bogor kembali menganggarkan program Samisade dengan nilai yang lebih besar, yakni Rp392 miliar. Angka tersebut mendominasi program pemulihan ekonomi yang secara keseluruhan dianggarkan senilai Rp520 miliar.

Saat melakukan kunjungan ke Rancabungur, Ade Yasin juga meresmikan Podcast Bantarsari, menyerahkan bantuan bagi rumah tidak layak huni, meninjau vaksinasi di SMK Golden, dan menebar benih ikan di Desa Candali.

Uploader : Angga Pramana