Sejak Maret 2020, TPU Buniayu Tangerang makamkan 820 jenazah pasien COVID-19

id pemakaman pasien covid,covid tangerang,penanggulangan covid

Sejak Maret 2020, TPU Buniayu Tangerang makamkan 820 jenazah pasien COVID-19

Petugas memakamkan jenazah pasien COVID-19 di TPU Buniayu, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Dari hari Senin sampai sekarang ada 24 jenazah lebih yang dimakamkan, ia menambahkan
Tangerang (ANTARA) - Sejak awal pandemi pada Maret 2020 hingga Juni 2021 tercatat ada 820 jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di Tempat Permakaman umum (TPU) Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

"Jumlah keseluruhan dari awal pandemi Maret 2020 sampai Juni 2021 sudah ada 820 jenazah (penderita) COVID-19 yang dimakamkan di TPU Buniayu," kata Kepala Bidang Pemakaman Dinas Perumahan, Permukiman, dan Permakaman Kabupaten Tangerang Dadan Darmawan di Tangerang, Kamis.

Sejak awal tahun 2021 sampai sekarang, menurut dia, ada 560 jenazah penderita COVID-19 yang dimakamkan di TPU Buniayu dan 247 orang di antaranya dimakamkan selama bulan Juni.

Baca juga: Wali Kota: Bandarlampung segera laksanakan vaksinasi anak usia 12-17 tahun

"Dari hari Senin sampai sekarang ada 24 jenazah lebih yang dimakamkan," ia menambahkan.

Ia menjelaskan pula bahwa dari Maret sampai Desember 2020 ada 260 jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Buniayu yang luasnya mencapai 60 hektare.

Dadan mengungkapkan, jumlah jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Buniayu cenderung meningkat setelah libur Lebaran.

Baca juga: Satgas COVID-19 Kota Bandarlampung intensifkan penegakkan pemberlakuan PPKM

"Padahal sebelum Lebaran kita hanya memakamkan satu sampai dua jenazah saja, itu pun tidak setiap hari," katanya.

"Lahan masih cukup untuk saat ini. Yang akan ditambah selain petugas juga kelengkapan sarana dan prasarana seperti penerangan jalan dan perbaikan akses jalan," kata Dadan.

Di TPU Buniayu, pada Kamis dalam waktu kurang dari satu jam sudah ada lima ambulans yang datang membawa jenazah untuk dimakamkan sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19.