Dandim 0410/KBL: Hanya dengan rasa memiliki Pancasila pandemi bisa diatasi

id COVID-19,Dandim,Bandarlampung.,Virus corona,TNI/Polri,Dinkes,pancasila

Dandim 0410/KBL: Hanya dengan rasa memiliki Pancasila pandemi bisa diatasi

Komandan Kodim (Dandim) 0410/KBL Kolonel Romas Herlandes (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Kita harap situasi COVID-19 segera berakhir dan aktivitas dapat berjalan normal kembali
Bandarlampung (ANTARA) - Komandan Kodim (Dandim) 0410/KBL Kolonel  Romas Herlandes mengatakan bahwa pandemi COVID-19 dapat diatasi hanya apabila segenap masyarakat Indonesia mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap Pancasila.

"Hanya dengan kita memaknai Pancasila dan rasa memiliknya itu, maka pandemi COVID-19 ini akan kita atasi secara bersama-sama," kata Dandim 0410/KBL itu, usai menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, dalam situasi pandemi yang juga menjadi masalah bagi semua anak bangsa di penjuru negeri, sudah seharusnya kondisi ini diselesaikan secara bersama ataupun bergotong royong.

Ia menuturkan, pada Hari Lahir Pancasila seperti apa yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan membumikan kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sehingga memang sudah seharusnya semua elemen bersama-sama mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dia pun menyebutkan bahwa di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai gotong royong, kebersamaan, rela berkorban, dan kesatuan persatuan yang apabila hal tersebut diaplikasikan di lapangan pandemi COVID-19 ini diharapkan bisa diatasi.

"Jadi dengan kita semua dapat memaknai, menjaga itu dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila di lapangan, pandemi akan kita atasi secara bersama-sama," kata dia pula.

Dandim 0410/KBL itu pun berharap dengan semua elemen bangsa memiliki rasa kebersamaan untuk menjaga negeri ini, kondisi pandemi COVID-19 ini dapat dilewati dengan baik.

"Kita harap situasi COVID-19 segera berakhir dan aktivitas dapat berjalan normal kembali," kata dia lagi.
Baca juga: Pemprov Lampung perluas akses pemerataan pendidikan di daerah terpencil
Baca juga: Wali Kota Bandarlampung ajak semua pihak perkokoh persatuan dan gotong royong