Lansia di Bandarlampung dukung vaksinasi COVID-19

id Corona lampung, vaksin Lampung, vaksinasi lansia

Lansia di Bandarlampung dukung  vaksinasi COVID-19

Ilustrasi- Vaksin COVID-19 tahap kedua yang tiba di Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Para lansia di Kota Bandarlampung mendukung vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat lanjut usia  di daerah itu.

"Sangat mendukung bila memang dapat membantu memutus mata rantai persebaran COVID-19 di tengah masyarakat," ujar salah seorang lansia, Edy, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dengan adanya vaksinasi bagi lansia diharapkan dapat membantu mengurangi risiko terpapar COVID-19.

"Karena sudah lanjut usia tentu lebih rentan, jadi adanya vaksinasi ini dapat mengurangi risiko terpapar COVID-19, serta membantu melindungi keluarga karena kita berinteraksi dengan cucu juga," ucapnya.

Menurutnya, meski saat ini dirinya belum mendaftarkan diri di laman pendaftaran vaksinasi lansia, dirinya akan segera ikut serta dengan mendaftarkan diri.

"Belum mendaftar karena tidak tahu kalau pendaftaran dapat dilakukan saat ini, mungkin nanti akan meminta bantuan anak untuk mendaftarkan segera mungkin," ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh lansia lainnya Miskan Sunaryo.

"Saat ini saya belum terdata karena belum tahu cara mendaftar, namun saya siap bila akan divaksinasi COVID-19," kata Miskan.

Ia mengatakan keinginan dirinya untuk ikut serta dalam vaksinasi COVID-19 berlandaskan akan keinginan untuk menjaga duru dari paparan COVID-19.

"Mungkin nanti akan cek kesehatan dahulu sebelum di vaksin agar aman, saya dukung program vaksinasi bagi lansia karena ini upaya pemerintah untuk melindungi kami para lansia," ujarnya.

Ia menjelaskan akan membantu melakukan sosialisasi kepada kolega terdekat yang lanjut usia untuk ikut serta dalam vaksinasi COVID-19.

"Karena banyak yang belum paham alur pendaftaran, nanti akan coba disosialisasikan kepada kolega agar mereka dapat segera mendaftar dan menyukseskan vaksinasi lansia," katanya.

Diketahui pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi orang lanjut usia akan berfokus di 34 ibu kota Provinsi, dan untuk di Provinsi Lampung berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tercatat ada 34.592 orang lanjut usia di Kota Bandarlampung yang akan memperoleh vaksinasi.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar