HK tambah gardu gerbang tol Bakauheni Selatan dan Kotabaru

id lampung, hutama karya, mudik, natal, tahu baru, nataru

HK tambah gardu gerbang tol Bakauheni Selatan dan Kotabaru

Suasana lalulintas di gerbang tol Bakauheni Selatan (Antaralampung/ Doc Hutama Karya)

Prediksi kita naik 50 persen pada saat arus balik pada 27 Desember 2020 dan 2 Januari 2021. Kalau hari biasa volume kendaraan sekitar 30 ribu, kalau libur ini kurang lebih 45 ribu, kata Hery

Bandarlampung (ANTARA) - Hadapi libur Natal dan Tahun Baru 2021, PT Hutama Karya (Persero) Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), menambah gardu di gerbang tol Bakauheni Selatan dan Kotabaru.

“Kita tambah masing-masing dua gardu, masing-masing di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan dan GT Itera Kotabaru,” kata Kepala Bagian Operasi Tol Bakter Hery Prasetyo, di Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya, penambahan ini untuk menghindari antrian di gerbang tol, dan pihaknya telah memaksimalkan gardu tol di Kotabaru dan Bakauheni Selatan.

Baca juga: HK prediksi volume kendaraan libur akhir tahun naik 50 persen

Selain itu, hal ini juga untuk mengantisipasi mengingat volume kendaraan pada saat arus balik libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 50 persen dibandingkan pada hari biasa.

“Prediksi kita naik 50 persen pada saat arus balik pada 27 Desember 2020 dan 2 Januari 2021. Kalau hari biasa volume kendaraan sekitar 30 ribu, kalau libur ini kurang lebih 45 ribu,” kata Hery.

Baca juga: HK ruas Bakter dan ASDP gelar apel gabungan sambut Natal dan Tahun Baru 2021

Hery menerangkan pada libur kali ini kedatangan kendaraan yang melewati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan terbagi menjadi dua, yakni libur Natal dan Tahun Baru lantaran pemerintah memotong akhir tahun sebanyak tiga hari sebagai upaya menekan penularan COVID-19.

“Jika dibandingkan libur Idul Adha masih paling tinggi kemaren. Karena libur akhir tahun ini terbagi dua untuk Natal dan Tahun Baru, jadi istilahnya terbagi menjadi dua golongan,” tuturnya.

Untuk itu, HK pun telah berkoordinasi dengan ASDP, polres setempat dan PJR Polda Lampung dalam menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru ini.