HK pastikan lima ruas tol Aceh beroperasi layani Idul Fitri

id Aceh,Berita Aceh,Mudik 2024,Tol Sibanceh,Pemprov Aceh,Hutama Karya,Idul Fitri 1445 Hijriah

HK pastikan lima ruas tol Aceh beroperasi layani Idul Fitri

Arsip Foto - Kendaraan melintas di Gerbang Tol Baitussalam jalan tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), Aceh Besar, Aceh, Sabtu (15/4/2023). (ANTARA FOTO/Khalis Surry)

Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) memastikan lima seksi ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dapat beroperasi dengan baik selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah untuk memperlancar lalu lintas mudik dam balik Lebaran.

Kepala Cabang Tol Sibanceh Hutama Karya (Persero) Totok Masyadi di Aceh Besar, Selasa, mengatakan pihaknya menyiagakan sebanyak 222 petugas tol, 27 unit kendaraan layanan, lima gerbang tol dengan 22 unit gardu tol, serta lima titik top up di setiap gerbang tol.

"Jadi, kita ada lima gerbang tol yang beroperasi, masih seperti biasa, belum ada penambahan gerbang tol baru dengan total panjang masih 48,5 kilometer. Gerbang Tol Padang Tidji juga belum selesai konstruksi," kata Totok.

Ia menjelaskan proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Sigli - Banda Aceh memiliki panjang 74,2 kilometer yang terbagi enam seksi. Untuk seksi 2 (Seulimeum-Jantho) memiliki panjang 6,35 kilometer, seksi 3 (Jantho - Indrapuri) sepanjang 16 kilometer, dan seksi 4 (Indrapuri - Blang Bintang) sepanjang 13,5 kilometer.

Selanjutnya, seksi 5 (Blang Bintang - Kuta Baro) sepanjang 7,7 kilometer dan seksi 6 (Kuta Baro - Baitussalam) memiliki panjang 5 kilometer. Sementara seksi 1 (Seulimuem – Padang Tidji) sepanjang 25 kilometer kini masih tahap penyelesaian konstruksi.

Saat ini, lanjut Totok, dari lima seksi Tol Sibanceh yang beroperasi, hanya tiga seksi yang dikenakan tarif bagi setiap pengguna, yakni seksi 2, seksi 3 dan seksi 4.

"Untuk saat ini seksi 5 dan seksi 6 masih gratis. Sejak mulai dibuka pada 22 Juni 2023 sampai sekarang belum ada surat keputusan tarifnya, jadi masih gratis untuk pengguna tol," ujarnya.

Hutama Karya memprediksi ada peningkatan arus lalu lintas rata-rata sebesar 75 persen pada Lebaran 2024 dibanding hari biasa. Lalu lintas di Tol Sibanceh pada hari normal sebanyak 2.978 kendaraan per hari dan selama Lebaran diperkirakan mencapai 5.213 kendaraan per hari.

"Dengan kemungkinan puncak mudik pada Jumat, 5 April 2024, dan arus balik pada Sabtu, 13 April 2024, dengan peningkatan pada puncaknya tersebut mencapai 100 persen," ujarnya,

Oleh karena itu, Totok juga mengimbau seluruh pengguna jalan tol agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku. Kemudian untuk memperlancar transaksi di gerbang tol, pengendara diingatkan bahwa satu kartu uang elektronik hanya dapat digunakan satu kendaraan, sekaligus memastikan kecukupan saldonya sebelum memasuki gerbang tol.