HK prediksi volume kendaraan libur akhir tahun naik 50 persen

id COVID,Wuhan ,Bakter,JTTS

HK prediksi volume kendaraan libur akhir tahun naik 50 persen

Kepala Bagian Operasi PT Hutama Karya Bakter, Hery Prastyo. Jumat. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) memprediksi volume kendaraan yang akan melewati Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) pada libur akhir tahun naik sekitar 50 persen dibandingkan dengan hari biasa.

"Kalau hari biasa itu sekitar 30.000 kendaran melintasi JTTS ruas Bakter ini. Jadi kalau naiknya 50 persen pada libur akhir tahun nanti bisa 45.000 mobil melintasi tol," kata Kepala Bagian Operasi PT Hutama Karya Bakter, Hery Prastyo, di Lampung Selatan, Jumat.

Ia mengatakan bahwa guna mengantisipasi kenaikan jumlah kendaraan yang melewati JTTS, pihaknya akan mengoperasikan tujuh pintu di gerbang tol atau exit tol gate agar tidak jadi penumpukan saat ingin masuk ke ruas tol.

"Jadi nanti yang akan kita operasikan gerbang tol nya yang ada di pintu masuk Bakauheni Selatan tujuh exit gate, dimana empat guna masuk ke Lampung dan tiga menuju pelabuhan Bakauheni begitu pula di pintu masuk Kota Baru," kata dia.

Namun, ia mengatakan bahwa kenaikan volume kendaraan ini tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan libur Idul Adha pada Agustus 2020 sebab pada akhir tahun ini fokus liburan masyarakat terbagi dua.

"Akhir tahun ini kan ada dua hari libur yaitu natal dan libur akhir tahun jadikan fokusnya terbagi. Kemudian juga karena ada larangan dari pemerintah untuk ASN yang tidak boleh cuti untuk di akhir tahun sehingga kenaikan volume kendaraan pun mungkin tidak sebanyak Idul Adha," kata dia.

Kemudian, Hery pun mengungkapkan bahwa HK ruas Bakter pun telah bekerjasama dengan ASDP dan pihak terkait seperti polres, PJR Polda, untuk mengantisipasi kecelakaan di JTTS. 

"Kita juga intens melakukan patroli dan imbauan keselamatan serta lebih mengutamakan fasilitas yang ada di rest area sehingga dapat digunakan oleh pengguna JTTS untuk beristirahat saat berkendara dan tidak lelah atau sekedar mendinginkan ban," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa untuk penanganan COVID-19 di rest area, pihaknya juga akan menyiapkan petugas di sana untuk mengingatkan pengguna jalan yang beristirahat untuk mematuhi protokol kesehatan di sana.

"Di rest area sudah ada tim untuk mengingatkan protokol kesehatan, keamanan juga dan juga kebersihan," kata dia.