Dinkes Lampung sarankan pemakaian berlapis masker scuba

id COVID-19,Wuhan,Kadiskes,Lamoung,covid lampung,masker scuba

Dinkes Lampung sarankan pemakaian berlapis masker scuba

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Minggu (20/9/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Saya sarankan masyarakat tidak menggunakan masker scuba lagi
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung Reihana menyarankan kepada masyarakat agar pemakaian masker scuba dilapis hingga tiga lapisan supaya lebih efektif dalam menahan laju penularan COVID-19.

"Masker jenis scuba jika dipakai baik dan benar serta dilapis tiga cukup efektif juga, begitupula dengan masker kain tetap harus dilapisi dengan tisu tiga lapis," kata Reihana, di Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya yang terpenting saat ini masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama dalam memakai masker guna mencegah penularan virus ini, sebab kesehatan jauh lebih penting dari segalanya.

"Tapi kalau Kementerian Kesehatan tidak memperbolehkan lagi pemakaian masker scuba tentunya masyarakat juga harus mengikuti. Kita masih tunggu informasi lanjutan dari pusat terkait penggunaan masker jenis ini," kata dia lagi.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung itu tetap menganjurkan masyarakat memakai masker saat beraktivitas dan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandarlampung dr Aditya M Biomed menegaskan bahwa masker scuba jika dipakai satu lapis saja tidak efektif dalam menahan laju penularan COVID-19.

 "Sebenarnya masih lebih efektif masker jenis kain dibandingkan scuba, tapi itu pun harus ditambah tisu di bagian dalamnya," kata dia lagi.

Namun, lanjut dia, penggunaan masker saat beraktivitas yang terbaik untuk mencegah penularan COVID-19, yaitu masker medis, tapi saat ini harganya masih cukup mahal sehingga tidak semua orang dapat membelinya.

"Saya sarankan masyarakat tidak menggunakan masker scuba lagi saat berkegiatan di luar rumah," kata dia pula.

Dia menjelaskan bahwa penggunaan masker scuba ini berawal dari pemerintah yang menerapkan pemakaian masker guna mencegah penyebaran COVID-19, dan pada waktu itu masker jenis itu masih direkomendasikan.

"Tapi kan saat ini masker jenis scuba tidak bisa dipakai lagi, sebab terlalu tipis dan ada pori-porinya, sehingga ini kurang efektif dalam menahan laju virus," katanya lagi.
Baca juga: Dokter desak standarisasi bahan masker
Baca juga: Banyumas larang ASN gunakan masker scuba
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar