ITERA bertekad jadi pusat unggulan bidang teknologi di Sumatera

id ITERA,Pendidikan

ITERA bertekad jadi pusat unggulan bidang teknologi di Sumatera

Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D. Senin. (10/8/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho)

Bandarlampung (ANTARA) - ITERA sebagai perguruan tinggi negeri baru bertekad menjadi pusat unggulan di bidang teknologi  (center of excellence) di Pulau Sumatera sebab ini merupakan cita-cita sekaligus amanah yang dibebankan kepadanya oleh pemerintah pusat.

"ITERA didirikan guna menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul di tahun 2045 atau saat satu abad kemerdekaan Indonesia," kata Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D. dalam keterangannya di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan dalam mencapai target tersebut ITERA telah mengembangkan berbagai program studi,  melakukan riset dan inovasi yang berdasarkan permasalahan, dan kebutuhan serta potensi yang dimiliki Sumatera.

Prof. Ofyar juga menyebutkan bahwa Sumatera sangat kaya potensi sumber daya energi, mulai dari sumber energi panas bumi, hingga energi baru terbarukan lain sehingga sebagai bentuk inovasi di bidang teknologi dalam waktu dekat ITERA akan membangun laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di Indonesia dengan menggandeng stakeholder.

"PLTS ini nantinya dibangun di atas lahan seluas 1ha, di dalam kawasan kampus ITERA dan mampu menghasilkan 1MWp," kata dia.

Menurutnya, kekayaan yang dimiliki Pulau  Sumatera harus di kembangkan sehingga menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat dengan menggunakan sentuhan teknologi.

Selain itu, ITERA juga berupaya menjadi pelopor dalam pengembangan bidang-bidang teknologi lain, seperti mendirikan berbagai prodi yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0., seperti prodi teknologi kosmetik, hingga prodi teknik pekeretaapian. 

Sementara itu, lanjut dia, di bidang teknologi astronomi, ITERA melalui Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) juga dalam waktu dekat akan membangun sebuah stasiun pengamatan astronomi skala internasional bekerjasama dengan negara Saudi Arabia.

“Dalam momentum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini ITERA ingin memohon dukungan dari seluruh stakeholder. Karena ITERA berada di Provinis Lampung juga mengusung target menjadi center of excellence di Sumatera," ujarnya.
 
Sementara itu, Kadiskominfotik Provinsi Lampung A Chrisna Putra  Menyampaikan, perkembangan teknologi di era modern sangat penting karena sejalan dengan kebutuhan dan ini pun dipercaya dapat mempercepat kemajuan suatu daerah seperti Provinsi Lampung.

“Sebagai masyarakat berperadaban di era modern khususnya Provinsi Lampung terus beradaptasi dengan berbagi perkembangan yang ada termasuk teknologi. Di Lampung kita memiliki ITERA yang merupakan perguruan tinggi yang fokusnya pada pendidikan teknologi,” katanya.