Mahasiswa KIP kuliah ikuti diklat pendidikan karakter dan penguatan nasionalisme

id Lampung, Unila, kampus, Universitas Lampung,kip kuliah unila

Mahasiswa KIP kuliah ikuti diklat pendidikan karakter dan penguatan nasionalisme

Mahasiswa KIP Kuliah ikuti diklat pendidikan karakter dan penguatan nasionalisme. ANTARA/HO-Unila

Sebagai mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dari negara, tentu adik-adik harus lebih peka, tidak apatis dari lingkungan terkecil.

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) melalui Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unila menyelenggarakan Diklat Pendidikan Karakter dan Penguatan Nasionalisme bagi mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) angkatan 2023, di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, di Bandarlampung, Minggu (3/3).

Kegiatan yang menghadirkan Mayor Infanteri Hendry Guatama Sinaga dan Dr Rangga Firdaus sebagai pemateri itu, dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya nilai-nilai karakter dan semangat nasionalisme dalam membentuk kepribadian yang tangguh dan cinta tanah air.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Dr Anna Gustina Zainal dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran mahasiswa untuk turut memberikan semangat juang yang tinggi dan tidak apatis terhadap keadaan di sekitarnya.

“Sebagai mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dari negara, tentu adik-adik harus lebih peka, tidak apatis dari lingkungan terkecil, dalam hal ini di lingkungan kampus kita sendiri,” ujarnya.

Mengingat dunia sekarang bukan sekadar butuh mahasiswa yang pintar secara akademis, tapi juga memerlukan orang-orang yang memiliki karakter dan akhlak yang baik, katanya lagi.

Mayor Infanteri Hendry Guatama Sinaga, salah satu narasumber diklat menyampaikan materi tentang penguatan nasionalisme.

Ia menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter dan semangat nasionalisme pada kehidupan sehari-hari.

Unila berharap melalui diklat ini, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu menginspirasi dan membangun kesadaran tentang pentingnya cinta tanah air.
Baca juga: Diklat mahasiswa KIP kuliah bahas PPKS dan positive mindset