Minimalkan potensi penularan COVID-19 polisi Bangka Barat pantau penerapan protokol kesehatan objek wisata

id Polres bangka barat,Objek wisata bangka barat,Wisata bangka barat,Wisata babel

Minimalkan potensi penularan COVID-19 polisi Bangka Barat pantau penerapan protokol kesehatan objek wisata

Personel Polres Bangka Barat awasi wisatawan di Pantai Jerangkat. (ANTARA/ Donatus D.P)

Mentok, Babel (ANTARA) - Guna Polisi meminimalkan potensi penularan COVID-19 polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pemantauan terhadap penerapan protokol kesehatan di sejumlah objek wisata di daerah itu.

"Secara rutin kami lakukan pemantauan dengan menerjunkan sejumlah personel polisi di beberapa objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan berakhir pekan. Kami berharap kehadiran personel bisa membantu mencegah penularan virus corona di daerah itu," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu.

Menurut dia, penetapan Kabupaten Bangka Barat sebagai "zona hijau" harus dibarengi dengan sikap disiplin warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai instruksi pemerintah, seperti penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan massa.

Para personel yang ditugaskan untuk memantau objek wisata, kata dia, selain melakukan pengawasan juga menggiatkan sosialisasi agar warga semakin sadar dan mau menerapkan disiplin aturan kesehatan tersebut.

"Pada saat hari libur dan akhir pekan kami tambahkan personel untuk memantau aktivitas objek wisata. Kami harapkan pola ini bermanfaat untuk bersama-sama menjaga daerah ini tetap 'hijau'," katanya.

Selain dilakukan di beberapa objek wisata andalan di Kota Mentok, pihaknya juga melakukan pemantauan di beberapa objek di kecamatan, seperti yang dilaksanakan personel Polsek Jebus di Pantai Jerangkat, Desa Ketap yang selama beberapa minggu terakhir selalu dipadati wisatawan dalam dan luar daerah.

Kapolsek Jebus AKP Muhammad Saleh beserta anggota Polsek setempat secara rutin melakukan patroli di lokasi itu, selain untuk pengawasan dan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru juga untuk menciptakan situasi aman dan tertib.

"Kami juga mengimbau wisatawan agar waspada saat mandi di pantai guna menghindari kemungkinan kecelakaan di laut," kata M Saleh.

Polisi juga mengajak para wisatawan untuk saling mengawasi dan menjaga keselamatan diri saat berenang atau bermain di pantai.

"Cuaca masih sering berubah mendadak, dengan adanya kewaspadaan dan saling mengawasi, terutama untuk anak-anak, kami harapkan wisatawan tetap bisa menjaga keselamatan diri masing-masing," katanya.