Akibat COVID-19, Festival Forum KTI ke-9 ditunda

id COVID-19,ditunda cegah penebaran COVID-19,Yayasan BaKTI,Festival Forum KTI

Akibat COVID-19, Festival Forum KTI ke-9 ditunda

Ilustrasi - Kegiatan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia yang diselenggarakan pada 2018 dibuka oleh Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (tengah kanan) dan Ketua Pokja Forum KTI Prof Winarni Monoarfa (tengah kiri) di Makassar. ANTARA Foto/HO/BaKTI

Makassar (ANTARA) - Festival Forum Kawasan Timur Indonesia yang ke-9 yang dijadwalkan diselenggarakan di Nusa Tenggara Timur pada Oktober 2020 resmi ditunda dengan pertimbangan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Festival Forum KTI yang diadakan dua tahun sekali ini merupakan perayaan inovasi dan capaian pembangunan di KTI terpaksa pada 2020 ditunda sambil menunggu perkembangan kondisi lapangan," kata Ketua Pokja Forum KTI Prof. Winarni Monoarfa di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan dengan berbagai pertimbangan, maka keputusan untuk menunda pelaksanaan Festival Forum KTI ini adalah bagian dari upaya memutuskan rantai penyebaran COVID-19 sekaligus mendukung Pemerintah Provinsi NTT dalam upaya menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat di masa pandemi.

Dengan mempertimbangkan perkembangan situasi terkini terkait penyebaran COVID-19, lanjut dia, maka Yayasan BaKTI dan Forum KTI selaku penyelenggara kegiatan ini dengan berat hati memutuskan penundaan kegiatan pertukaran pengetahuan ini.

"Kesehatan dan keselamatan peserta, mitra, panitia, dan seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Fetival Forum KTI ini menjadi prioritas utama," ujarnya.

Menurut Winarni, tujuan Festival Forum KTI adalah berbagi solusi pembangunan, khususnya "Praktik Cerdas" dan pembelajaran dari berbagai kegiatan dan program pembangunan yang dilaksanakan di berbagai daerah di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Berkaitan dengan persiapan festival ini sebelumnya, Yayasan BaKTI dan Forum KTI sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi NTT dan berbagai pihak atas antusiasme yang telah diberikan untuk pelaksanaan Festival Forum KTI di NTT, namun karena pertimbangan antisipasi penyebaran COVID-19, maka pelaksanaan terpaksa ditunda.

“Bersama ini kami tetap memohon dukungan dan arahan dari gubernur dan jajaran Pemprov NTT untuk keberlangsungan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia yang akan datang, jika kondisi sudah normal,” kata Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI Muhammad Yusran Laitupa.

Sementara mengenai pengumuman lebih lanjut terkait pelaksanaan Festival Forum KTI, lanjut dia, dapat diakses melalui website Yayasan BaKTI di www.bakti.or.id