Kim Jong Un pandu latihan militer di tengah kekhawatiran virus corona

id kim jong un,korea utara,virus corona

Kim Jong Un pandu latihan militer di tengah kekhawatiran virus corona

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terlihat pada foto tanpa tanggal yang disiarkan Agensi Berita Sentral Korea (KCNA) pada Senin (9/3/2020). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/wsj/djo

Seoul (ANTARA) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tampil kedua kalinya di hadapan publik pekan ini untuk mengawasi latihan militer, meskipun ada kekhawatiran tentang kemungkinan penyebaran virus corona.

Kim memimpin latihan itu pada Kamis (12/3), yang termasuk kompetisi menembak oleh unit artileri untuk mengevaluasi kesiapan tempur mereka, menurut laporan kantor berita resmi KCNA pada Jumat.

Korea Utara, yang diapit China dan Korea Selatan, belum mengonfirmasi kasus virus corona tetapi telah meningkatkan pemeriksaan di perbatasan dan memberlakukan tindakan karantina.

Foto-foto yang diterbitkan oleh KCNA menunjukkan Kim menonton latihan artileri tanpa alat pelindung, tidak seperti semua ajudan yang menemaninya yang mengenakan topeng hitam yang seragam.

Kim juga menghindari mengenakan perlindungan apa pun ketika dia menyaksikan tes rudal minggu lalu dan pada Senin (9/3). Tes itu adalah yang pertama diluncurkan oleh Korea Utara dalam tiga bulan.

Pada Senin, Korea Utara menerbangkan lusinan diplomat ke luar negeri menuju Rusia, termasuk staf dari Jerman, Prancis, dan Swiss yang telah menutup kedutaan mereka di tengah kekhawatiran virus corona.

Seperti halnya pemeriksaan perbatasan, setiap orang asing dari suatu negara yang telah melaporkan suatu kasus virus diharuskan untuk menjalani 30 hari karantina.

KCNA mengatakan dalam laporan terpisah bahwa negara itu mengintensifkan upaya pencegahan terhadap virus corona.

"Semua pekerja memperkuat kampanye peningkatan kesadaran tentang penyebaran global penyakit dan kebijakan pencegahan dan pengobatan sehingga tidak ada yang menurunkan kewaspadaan mereka karena wabah belum terjadi di negara kita", kata KCNA.

Sampai latihan militer selama seminggu terakhir, Kim tidak terlihat di depan umum selama lebih dari tiga minggu, menghalangi penampilan singkat untuk memberi penghormatan kepada almarhum ayahnya, Kim Jong Il, pada peringatan ulang tahun terakhirnya.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar