Pengemudi ojek daring di Kabupaten Belitung dilatih jadi duta wisata

id Belitung,Ojek online,Ojek daring,ojek duta wisata

Pengemudi ojek daring di Kabupaten Belitung dilatih jadi duta wisata

Pengemudi ojek dalam jaringan ketika menerima penjelasan tentang pariwisata Belitung (babel.antaranews.com/kasmono)

Pengemudi ojek dalam jaringan (daring) di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dilatih menjadi duta wisata guna membantu memperkenalkan objek wisata kepada para wisatawan yang datang ke daerah ini.
Belitung, Babel (ANTARA) - Pengemudi ojek dalam jaringan (daring) di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dilatih menjadi duta wisata guna membantu memperkenalkan objek wisata kepada para wisatawan yang datang ke daerah ini.

"Wisatawan akan lebih tertarik, ketika naik ojek di Belitung akan mendapatkan informasi dan arah yang benar dalam berwisata," kata Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, pengemudi ojek daring yang telah menjadi duta wisata itu diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang sejumlah destinasi wisata yang ada di Belitung.

"Kalau mereka tidak memiliki pengetahuan bagaimana mau menjelaskan atau misalnya mereka menjelaskan namun tidak mempunyai dasar," ujarnya.
Baca juga: Langgar KP 348 aplikator ojek daring Maxim akan dievaluasi

Isyak menambahkan, keberadaan para duta wisata yang berasal dari pengemudi ojek online itu akan membantu wisatawan untuk mengakses lokasi wisata dengan mudah, murah dan nyaman.

Kemudahan dan ketersediaan sarana transportasi merupakan salah satu penunjang utama bagi kemajuan pariwisata di suatu daerah.

"Tidak semua wisatawan ingin merental mobil atau menggunakan jasa biro perjalanan, ada wisatawan yang memang ingin fleksibel dan suka jalan-jalan tanpa keterikatan waktu," katanya

Ia berharap agar para duta wisata tersebut memiliki pemahaman tentang kearifan lokal, menguasai bahasa, memahami digitalisasi dan kemampuan spesifik lain sehingga akan benar-benar menjadi seorang duta wisata yang profesional.

"Kami mengapresiasi para mitra yang ikut berkomitmen untuk ikut serta dalam memajukan Belitung terutama sektor pariwisata," ujarnya.

Sementara itu, Regional Corporate Communication Manager Gojek untuk wilayah Sumatera, Dian Lumban Toruan mengatakan, para mitra mereka dibekali dengan kemampuan untuk menjelaskan objek wisata yang di Belitung.

"Jadi mitra kami ini bukan proses yang sehari dua hari tetapi ini adalah kearifan lokal ditambah profesionalitas," katanya.
Baca juga: Polresta Surakarta lakukan pembinaan pengemudi ojek daring