Asosiasi Pemandu Gunung Papua dorong Puncak Cartenz jadi destinasi wisata

id destinasi cartenz,puncak cartenz,wisata cartenz,asosiasi pemandu harapkan cartenz,penge,pengembangan destinasi cartenz,wisata papua

Asosiasi Pemandu Gunung Papua dorong Puncak Cartenz jadi destinasi wisata

Dua orang turis yang berhasil mencapai Puncak Cartenz (ANTARA/HO-PMA)

Asosiasi Pendaki dan Pemandu Gunung Papua atau Papua Mountaineering Association (PMA) mendorong pemerintah daerah menjadikan Puncak Cartenz sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikembangkan khususnya menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga
Jayapura (ANTARA) - Asosiasi Pendaki dan Pemandu Gunung Papua atau Papua Mountaineering Association (PMA) mendorong pemerintah daerah menjadikan Puncak Cartenz sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikembangkan khususnya menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

Maximus Tipagau selaku Ketua Asosiasi Pendaki dan Pemandu Gunung Papua atau Papua Mountaineering Association (PMA) di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya ingin membuka peluang dari segi pariwisata dan kebudayaan sehingga ekonomi kreatif masyarakat lokal setempat dapat bertumbuh.

"Saya melihat pada 2020 dan seterusnya peluangnya sangat besar sekali untuk pariwisata dan sektor budaya di pesisir pantai," katanya.
Baca juga: Pemalang destinasi wisata Misool Raja Ampat telah dibuka

Menurut Maximus, sayangnya hingga kini gunung Cartenz wilayahnya masih terisolasi juga pembangunan di sekitarnya belum berjalan normal dan susah dijangkau dengan transportasi, di mana khususnya di lokasi pendakian belum ada homestay atau rumah singgah.

"Permasalahan lain di puncak Cartenz adalah masalah keamanan yang paling utama, selain itu biaya transportasi, akses akomodasi yang hingga kini belum ada kepastian termasuk soal regulasi," ujarnya.

Dia menjelaskan tidak adanya akses yang memadai membuat salah satu dari tujuh gunung (seven summits) tertinggi di dunia yang ada di tujuh benua ini enggan dikunjungi oleh para turis lokal maupun mancanegara.

"Hal ini diduga disebabkan karena belum ada komitmen dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten terkait dengan potensi pariwisata dari puncak Cartenz tersebut, sehingga dibutuhkan dukungan dalam bentuk memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat seperti pelatihan menjadi pemandu wisata (guide), pelayan jasa (porter), serta nilai-nilai pariwisata, semuanya itu akan menjadi bekal ketika turis utama untuk melayani para tamu (turis)," katanya.
Baca juga: Dispar Papua salurkan bantuan peralatan masak ke kelompok usaha wisata Biak

Dia menambahkan pihaknya berharap dalam pelaksanaan PON 2020, pemerintah bisa serius melihat peluang yang bisa dikembangkan, jangan hanya melihat dari sisi olahraganya tapi perlu melihat ekonomi berkelanjutan dari dampak pelaksanaan iven olahraga nasional tersebut, pasalnya lapisan es di Puncak Cartenz tidak lagi abadi, di mana salju di pucuk pegunungan tertinggi Jayawijaya tersebut terus menyusut dari tahun ke tahun.