Pemalang destinasi wisata Misool Raja Ampat telah dibuka

id Papua Barat

Pemalang destinasi wisata Misool Raja Ampat telah dibuka

Suasana pembukaan balang destinasi wisata puncak Dapunlol Misool Raja Ampat, pada Jumat (22/11) sore menjelang malam. (Foto Istimewa)

Sorong (ANTARA) - Pemalangan destinasi wisata Puncak Dapunlol Misool Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, menjelang pelaksanaan Festival Pesona Misool 2019 telah dibuka kembali untuk dikunjungi wisatawan, Sabtu.

Destinasi wisata utama di wilayah Misool Kabupaten Raja Ampat tersebut, Jumat (22/11) pagi tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan karena dipalang oleh masyarakat memiliki hak ulayat dengan alasan ada permasalahan internal dengan pemerintah daerah yang belum diselesaikan.

Beberapa kapal wisata LOB tidak dapat menurunkan tamunya untuk menikmati keindahan Puncak Dapunlol Jumat (22/11) karena destinasi indah tersebut di palang oleh masyarakat.

"Kami mendatangi Puncak Dapunlol untuk foto-foto menikmati keindahan alam, tapi palang akhirnya kami kembali ke kapal dan melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya," kata Ano pemandu selam salah satu Kapal LOB Raja Ampat saat dihubungi dari Sorong, Sabtu.

Berkat komunikasi pemerintah daerah, aparat kepolisian, TNI, dan pelaku pariwisata Misool dengan masyarakat pemilik hak ulayat, destinasi wisata Dapunlol telah dibuka kembali untuk dikunjungi wisatawan, Sabtu pagi.

"Destinasi Puncak Dapunlol sudah dibuka untuk wisatawan dan hari ini sudah ada wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung," ujar Awin salah seorang pemandu wisata lokal Misool.

Puncak Dapunlol adalah salah satu destinasi utama tujuan kunjungan wisatawan ke wilayah Misool Kabupaten Raja Ampat. Pemandangan dari puncak destinasi tersebut begitu indah dan mempesona dan siapapun yang berkunjung pasti mengagumi keindahan destinasi Dapunlol.