Gubernur Sumsel: Kyai Oedin sosok inspiratif dan tokoh yang dikagumi

id gubernur sumatera selatan, dubes untuk kroasia, herman deru, sjachroedin zp

Gubernur Sumsel: Kyai Oedin sosok inspiratif dan tokoh yang dikagumi

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Duta Besar Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP di Pelambang, Sumsel (3/12/2019) (Antara Lampung/HO)

"Kyai Oedin (panggilan akrab Sjachroedin, Red) sosok yang dikagumi di Lampung, dan diakui di Palembang," kata Herman Deru, dalam keterangannya saat menerima Duta Besar Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP, di Griya Agung, rumah dinas gubernur Sumse
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP merupakan tokoh yang dikagumi banyak orang dan sosok inspiratif dengan pola kepemimpinannya.

"Kyai Oedin (panggilan akrab Sjachroedin, Red) sosok yang dikagumi di Lampung, dan diakui di Palembang," kata Herman Deru, dalam keterangannya saat menerima Duta Besar Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP, di Griya Agung, rumah dinas gubernur Sumsel, di Palembang, Selasa (3/12) malam.

Dia mencontoh pola kepemimpinan Sjachroedin saat menjabat sebagai gubernur selama dua periode di Provinsi Lampung, seperti penertiban penggunaan atribut para aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahannya.

"Sejak 15 hari menjabat gubernur langsung menertibkan penggunaan pakaian ASN dan sudah ada di permendagri," ujar dia.
Baca juga: Dubes Sjachroedin jajaki promosi dan peluang perdagangan ke Sumsel

Bahkan, sampai saat ini ia mengaku memantau kiprah Sjachroedin yang bertugas sebagai Duta Besar di KBRI Zagreb, Kroasia.

"Saya benar-benar ngefans sama beliau, pola kepemimpinannya semua saya adopsi, tapi gayanya yang saya tidak sanggup ikuti," kata dia, sambil bercanda dan disambut tawa undangan yang hadir.

Ia juga menceritakan bahwa kakaknya merupakan salah satu pejabat di Lampung Selatan yang kemudian ditarik ke Provinsi Lampung pada saat pemerintahan Sjachroedin ZP. Sekarang menjabat sebagai kepala salah satu badan di Pemprov Lampung.

Kemudian, tidak hanya di Lampung, saat bertugas di Palembang pun para penjahat segan dengan sosok Sjachroedin yang tegas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Sjachroedin ZP mengaku bahwa dirinya tidak dapat terpisahkan dengan Palembang, karena sudah beberapa kali bertugas di daerah tersebut, di antaranya saat menjabat Sesdirlantas, Kapoltabes dan Wakapolda serta Kapolda Sumsel

"Karir saya naik juga saat bertugas di Palembang, jadi rejeki saya juga banyak dari sini," ujarnya.
Baca juga: Dubes Indonesia untuk Kroasia bersilaturahmi dengan pensiunan ASN Lampung

Saat bertugas di Palembang dirinya menerapkan tindakan tegas untuk para pelaku kriminalitas, dan saya mengimbau untuk orang Lampung yang tinggal di Palembang ikut menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Hubungan erat itulah yang membuat dirinya datang untuk mengundang Sumsel agar ikut ambil bagian mempromosikan potensi daerahnya ke Kroasia dan sejumlah negara di Eropa Timur. 

Ia juga mengaku kagum, karena saat menjadi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur,  Herman Deru dan Cholid Mawardi meraih 94,56 persen suara masyarakat dalam pilkada 2010.

Dubes Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP bersilaturahmi dengan Gubernur Sumsel Herman Deru di Griya Agung, rumah dinas gubernur Sumsel, Selasa (3/12)

Kunjungan tersebut juga didampingi oleh Ketua Harian DPP Lampung Sai, Rycko Menoza SZP dan pengurus beserta pengurus DPD Lampung Sai Palembang, dengan membawa misi promosi pariwisata Sumsel ke Kroasia.

Hasil lawatan selama dua hari tersebut, disimpulkan bahwa Sumsel akan mengirimkan tim kesenian untuk dipromosikan ke Kroasia termasuk kerja sama perdagangan hasil bumi seperti buah-buahan dan kopi yang merupakan salah satu komoditas terbesar di wilayah tersebut.
Baca juga: Gubernur Lampung Berpamitan dengan Wartawan

Untuk promosi pariwisata, dengan dukungan gubernur, tim kesenian dari Sumsel akan berangkat ke Kroasia rencananya pada April 2020 hingga Oktober karena saat ini memasuki musim dingin hingga beberapa bulan ke depan.