Peserta SMN dibekali sejarah perkeretaapian di Sumbar

id SMN 2019 BHUN 2019,BHUN 2019

Manager PAM KAI Divre II Jefri Indrajaya (antara sumbar/ Agung Pambudi)

Padang (ANTARA) - Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dalam rangka kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019 akan mendapat materi sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan Kepala PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumbar, Fredi Firmansyah melalui Manager PAM KAI Divre II Jefri Indrajaya di Padang, Kamis.

"Sebagai Person In Charger (PIC) dalam Kegiatan BHUN 2019 PT KAI akan ikut terlibat dalam pembekalan peserta SMN, baik SMN dari Sumbar yang akan berangkat ke Kalimantan Selatan, maupun sebaliknya," katanya.

Ia menyebutkan, dari beberapa jadwal kegiatan yang akan diikuti pada 13 sampai 18 Agustus peserta SMN 2019, khusus dari Sumbar sebelum berangkat ke Kalimantan Selatan akan melakukan kunjungan ke PT KAI Divre II melihat bengkel kereta api di Stasiun Padang.

Pada kesempatan itu seluruh peserta SMN bisa melihat langsung perkembangan perkeretaapian di Sumbar dari tahun ke tahun serta bisa langsung menikmati perjalanan dengan kereta api Minangkabau Ekspres tujuan Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Tidak semua SMN 2019 bisa mengenal sejarah kereta api di Sumbar, dan kami ingin peserta yang berangkat ke Kalimantan Selatan menjadi duta informasi juga terkait perkembangan dan kemajuan kereta api di Sumbar," katanya.

Dipilihnya kereta api Minangkabau Ekspres sebagai salah satu destinasi bagi peserta SMN 2019 sebutnya, selain sebagai salah satu gambaran kemajuan perkeretaapian di Sumbar juga demi efisiensi waktu bagi seluruh peserta.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya sebagai penanggungjawab kegiatan tersebut sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk tempat-tempat yang akan menjadi tujuan peserta SMN dari Kalimantan Selatan.

"Tidak hanya mengunjungi PT KAI, peserta nanti juga akan melakukan berbagai kegiatan diantaranya, bedah buku dan pelatihan jurnalistik dengan kantor Berita Antara, pelatihan bela negara di Korem 032 Wira Braja, dan menikmati kuliner khas Sumbar dan berbagai destinasi wisata di daerah ini," katanya.

Sebelum melakukan berbagai kegiatan tersebut, peserta SMN dari Kalsel akan melakukan upacara HUT kemerdekaan Republik Indonesia di halaman kantor PT Semen Padang.

Peserta SMN pada kegiatan BHUN 2019 ini akan melakukan perjalanan ke Kota Pariaman untuk menikmati wisata edukasi konservasi penyu dan penanaman pohon mangrove.

Selanjutnya akan berkunjung ke Kota Bukittingi untuk melihat langsung Taman Margasatwa Kinantan dan Ngarai Sianok, setelah itu seluruh peserta juga akan mendapat pemahaman tentang kerajinan pandai sikek yang merupakan ikon dari Kabupaten Tanah Datar.

Untuk peserta program SMN yang akan berangkat ke Kalsel sudah terseleksi sebanyak 23 orang, seluruh peserta tersebut nantinya juga akan mendapat pembekalan menjelang keberangkatan.

Penetapan 23 orang siswa dari SMKN, SMAN dan SLBN di Sumbar itu, berdasarkan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Nomor.800/1423/KPTS-2019.
Pewarta :
Editor: Muklasin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar