Warga Kelurahan Kota Baru Bandarlampung terima bantuan air bersih

id Puluhan Warga Bandarlampung,Musim Kemarau,Bantuan Air Bersih

Warga Kelurahan Kota Baru Bandarlampung terima bantuan air bersih

Satuan Petugas (Satgas) BPBD Kota Bandarlampung sedang memberikan bantuan air bersih Ke warga Kota Baru Kecamatan TKT, Sabtu, (6/7/2019). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Puluhan warga Kota Bandarlampung, di RT 03 Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Tanjung Karang Timur (TKT) menerima bantuan air bersih dari pemerintah setempat, menyusul kekeringan memasuki musim kemarau.

"Sudah dua atau tiga kali kami warga di sini mendapatkan bantuan air bersih dari Pemkot Bandarlampung, air mulai sulit didapatkan dari sumur-sumur warga sejak awal bulan Juli," kata salah satu orang warga di Bandarlampung, Jakaria, Sabtu.

Menurut dia, bantuan air bersih dari pemkot setempat banyak membantu warga di sana. Namun harapannya pemerintah juga membuatkan sumur bor untuk warga setempat untuk antisipasi ketika memasuki musim kemarau.

Baca juga: Antisipasi musim kemarau BPBD Bandarlampung sediakan air bersih

"Setiap masuk musim kemarau daerah ini selalu kekurangan air bersih, ada sumur umum namun jarak jauh dan di atas gunung, mau kami ada satu sumur bor yang bisa dimanfaatkan warga," kata dia.

Sementara itu satgas BPBD Bandarlampung Umar Usman mengatakan, bahwa bantuan air ini merupakan program dari Wali Kota Bandarlampung agar warganya tidak kekurangan air saat musim kemarau.

"Sekali kirim air yang di bawa oleh tangki BPBD bermuatan 5.000 liter, untuk satu RT, dan apabila masih kekurangan akan ditambah lagi namun semua harus direkomendasikan oleh RT setempat," kata dia.

Baca juga: BPBD Kota Bandarlampung tambah 50 rambu-rambu jalur evakuasi bencana

Ia juga mengatakan, bahwa petugas BPBD tidak hanya melayani warga yang mengalami kekeringan saat kemarau tiba namun juga warga-warga yang memang kesulitan air bersih setiap harinya.

"Untuk sementara  memenuhi kebutuhan warga yang kekurangan air kami menggunakan air dari sumur bor yang ada di Posko Tendean dan airnya juga bagus bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari warga," kata dia.