Pemkot Bandarlampung Gelar Forum Penyusunan RKPD

id Bappeda kota bandar Lampung forum

Pemkot Bandarlampung Gelar Forum Penyusunan RKPD

Kepala Bappeda Kota Bandarlampung Khaidarmansyah (Antara Lampung/Dian Hadiyatna)

Saatnya sekarang ini kita menyampaikan program - program dari OPD lalu diselaraskan dengan kelurahan dan kecamatan
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlmapung menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandarlampung, Khaidarmansyah,di Bandarlampung, Selasa, mengatakan, forum ini dilaksanakan untuk menyinkronisasikan usulan - usulan musrenbang dari kelurahan dan kecamatan dengan rencana kerja OPD.

 "Saatnya sekarang ini kita menyampaikan program - program dari OPD lalu diselaraskan dengan kelurahan dan kecamatan," kata Khaidar.

Ia mencontohkan di tingkat kecamatan maupun kelurahan ada pengerjaan gorong-gorong ataupun perbaikan jalan lingkungan itu akan disinkronkan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU), begitupun dengan yang lain semua akan diselaraskan dan disesuaikan dinas terkait.

 "Tadi diawal kita dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sudah memaparkan proyeksi untuk capaian tahun 2020," kata Khaidar.

 Dia menjelaskan setelah mengetahui proyeksi pendapatan dari BPPRD dan belanja wajib serta mengikat dari BPKAD untuk tahun 2020, selanjutnya setiap OPD Pemkot Bandarlampung harus menyusun dan melakukan program prioritas wali kota Bandarlampung.

Khaidar menambahkan dengan penyusunan RKPD oleh masing-masing OPD diharapkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pada tahun 2021 dapat tercapai semua.

 "Dimana capaian RPJMD dari tahun 2016-2021 hingga kini sudah 60-70 persen, sisanya akan kita kejar pada tahun 2020-2021," kata dia.