Perbup Bukti Keseriusan Wujudkan Lambar Kabupaten Literasi

id Lambar Kabupaten Literasi, Literasi Lampung Barat, Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi

Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah Lambar Partinia Mabsus (depan kiri) saat berkunjung ke SMPN 1 Gedungsurian, Senin (3/12), dilakukan untuk meninjau langsung perkembangan Gerakan Literasi Sekolah di Lambar. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Barat (Antaranews Lampung) - Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 19 Tahun 2018 menjadi bukti dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk mewujudkan daerah ini sebagai Kabupaten Literasi, kata pegiat literasi daerah ini.

"Harapan saya, literasi Lampung Barat dapat melahirkan generasi baru yang cerdas, inovatif, mandiri, berwawasan luas dan lainnya. Gerakan Literasi Sekolah atau GLS menjadi tulang punggung terwujud Lambar sebagai Kabupaten Literasi," ujar Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah Lambar Partinia Mabsus, di Lampung Barat, Selasa (4/12).

Ibu tiga anak yang akrab disapa Makcik, istri dari Bupati Lambar Parosil Mabsus ini menyatakan bawha gerakan literasi menjadi sarana advokasi dan edukasi untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Lampung Barat, dan hal ini berkorelasi terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat.

Menurutnya, rakyat yang cerdas, inovatif, berpengetahuan menjadi basis material mewujudkan cita-cita tersebut

"Kami serius soal literasi, tidak main-main. Semua sekolah harus ada pojok baca dan siswa juga harus mengerti serta mampu menceritakan kembali buku yang sudah dibacanya. Majalan dinding juga harus diaktifkan kembali. Ke depan kami akan buat tabungan buku di tiap sekolahan untuk para siswa dan pihak terkait yang ingin berdonasi," katanya pula.

Dia menegaskan bahwa Kabupaten Literasi itu tak akan lahir dari kerja-kerja sporadis yang individualistik. Tapi melalui sinergi pemerintah dan rakyatnya. Berbentuk kerja nyata yang terukur berlandaskan perencanaan, monitoring dan evaluasi berkelanjutan, katanya lagi.

Berkaitan itu, Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah Lambar Partinia Mabsus telah melakukan monitoring Gerakan Literasi di SMPN 1 Gedungsurian, Senin (3/12), dilakukan untuk meninjau langsung perkembangan Gerakan Literasi Sekolah di Lambar.

Ke depan, dia menyatakan akan terus berkeliling ke sekolah-sekolah di semua kecamatan di Lambar untuk mendorong Gerakan Literasi Sekolah berjalan dengan baik.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar