Pengamat: Pemprov pastikan operator angkutan daring berikan keamanan

id Pengamat transportasi, ilham Malik

Pengamat: Pemprov pastikan operator angkutan  daring berikan keamanan

Pengamat Transportasi lham Malik. (antara/istimewa)

Bandarlampung (Antaranews Lampung ) – Pengamat Transportasi Ilham Malik mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung memiliki wewenang, hak dan tanggung jawab untuk dapat memastikan semua operator angkutan umum online atau dalam jaringan (daring) atau angkutan umum lainnya untuk memberikan kepastian keamanan dan kenyamanan terhadap penumpang.

“Pemerintah Provinsi Lampung dapat ikut langsung dalam perekrutan driver baru. Karena ini semua demi keamanan dan kenyamanan para penumpang,” kata Ilham Malik di Bandarlampung. Senin.

Menurutnya, karena hal tersebut terkait dengan banyak instrumen kebijakan dan teknis yang sudah ready to implemented sebagai perwujudan dari itu semua.

Selain itu, untuk angkutan online masih belum memiliki kebijakan yang bersih, karena angkutan daring ini memiliki skema manajemen angkutan yang berbeda dengan skema dan sistem angkutan umum yang sudah ada selama ini.

“Jadi harus ada skema yang baru dan regulasi untuk mengatur bahwa angkutan online memiliki standar penerimaan pengemudi yang berkualitas,” katanya.

Ilham menjelaskan, pola pengelolaan dan manajemen angkutan umum bergeser ke angkutan online seperti sekarang ini. Ini semua menuntut pemerintah untuk membuat kebijakan yang melindungi semua pihak agar bisnis dan pelayanan dapat berjalan bersamaan.

Melihat keadaan seperti saat ini, lanjut dia, harus dapat kepastian pelayanan yang benar maka sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk menuntut operator menerapkan skema rekrutmen yang benar.

“Tetap di satu sisi juga pihak operator harus memiliki sistem warning ke driver ketika ada calon penumpang yang dianggap membahayakan driver. Karena banyak kasus yang mana driver terbunuh atau  dirampok oleh penumpang,” kata dia.



 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar