Dinas Perhubungan Lampung lakukan pendataan angkutan siapkan mudik akhir tahun

id Dishub Lampung, mudik akhir tahun, transportasi Lampung, persiapan libur natal tahun baru

Dinas Perhubungan Lampung lakukan pendataan angkutan siapkan mudik akhir tahun

Arsip-Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Nanti hasil evaluasi serta ditambah hasil survei dari Kementerian Perhubungan akan dijadikan sarana pengambilan kebijakan sekaligus pengaturan pola perjalanan mudik di akhir tahun melalui moda transportasi darat, laut serta udara, tambahnya
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung melakukan pendataan armada angkutan untuk mempersiapkan pelaksanaan arus mudik di akhir tahun 2023 dan awal 2024.
 
"Mengenai persiapan pelaksanaan perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru mendatang, saat ini kami masih melakukan pendataan sejumlah angkutan yang akan digunakan saat periode libur akhir tahun nanti," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan pendataan angkutan mudik itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan armada transportasi serta memperkirakan kepadatan arus transportasi di akhir tahun.
 
"Beberapa waktu lalu Kementerian Perhubungan sudah melakukan rapat persiapan perjalanan di akhir tahun, nanti setelah itu ada rapat internal dan kami juga akan hadir untuk mempersiapkan agar semua lancar," katanya.
 
Menurut dia, selain pendataan armada angkutan pihaknya juga tengah melakukan evaluasi sekaligus mengkaji pelaksanaan perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru tahun 2022 silam, sebagai upaya introspeksi sekaligus perbaikan sarana serta tatacara pengaturan moda transportasi di daerahnya.
 
"Nanti hasil evaluasi serta ditambah hasil survei dari Kementerian Perhubungan akan dijadikan sarana pengambilan kebijakan sekaligus pengaturan pola perjalanan mudik di akhir tahun melalui moda transportasi darat, laut serta udara," tambahnya.
 
Diketahui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan destinasi wisata akan menjadi tujuan utama sebagian besar pemudik Natal dan Tahun Baru kali ini.
 
Dimana dari hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi potensi pergerakan untuk Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kali ini sebesar 107,6 juta orang yang akan bepergian atau 39,8 persen, sedangkan yang tidak bepergian 60 persen. Dibandingkan dengan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 maka kenaikannya sekitar 43 persen.
 
Terkait moda transportasi yang digunakan oleh pemudik Natal dan Tahun Baru kali ini, maka mobil pribadi berada pada urutan pertama yakni sekitar 35 persen, lalu diikuti oleh sepeda motor 17 persen, kereta api 13 persen, berikutnya moda angkutan udara, bus dan kapal laut.
 
Sedangkan untuk pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru akan dimulai pada 19 Desember 2024-3 Januari 2024, dengan terdapat beberapa posko baik di Kemenhub maupun Korlantas Polri.
 
Dan pemerintah pun memperkirakan puncak mudik Natal terjadi pada 22-23 Desember 2023 dan puncak arus balik Natal 26-27 Desember 2023.
 
Sedangkan puncak arus mudik Tahun Baru pada 29-30 Desember 2023 dan puncak arus baliknya pada 1-2 Desember 2024.