Kabupaten Tulangbawang Barat selenggarakan MTQ ke-9

id mtq tulangbawang barat,umar ahmad, bupati tulangbawang barat

Kabupaten Tulangbawang Barat selenggarakan MTQ ke-9

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad saat membuka MTQ ke-9 Kabupaten Tulangbawang Barat, Selasa (21/3) malam (Foto : Antaralampung.com/Yunastanto)

Eratnya tali persaudaraan dari seluruh komponen umat Islam akan menjadi modal yang sangat berharga untuk mengintensifkan komunikasi guna menggagas agenda untuk memajukan umat, masyarakat dan daerah, jelas Bupati
Tulangbawang Barat, Lampung (Antaranews Lampung) - Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad, Selasa (20/3) malam, membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-9 tingkat kabupaten di Masjid Agung Nurul Huda, Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Sebelumnya pembukaan MTQ tersebut direncanakan di lapangan Panaragan, namun karena mimbar utama beserta stand-stand roboh akibat hujan dan angin kencang maka panitia memindahkan lokasi pembukaan MTQ tersebut di dalam masjid.

Bupati di hadapan para peserta dan tamu undangan sempat menyampaikan permohonan maaf atas insiden yang terjadi tersebut.

"Saya mewakili Pemkab Tulangbawang Barat meminta maaf atas kejadian ini, saya berharap jangan berkecil hati karena kejadian ini evaluasi secara teknis, ini salah satu pelajaran buat ke depan, kita sudah mempunyai Islamic Center. Saya rasa tidak ada salahnya jika MTQ kita adakan di sana," kata Umar.

Bupati juga mengatakan kegiatan MTQ merupakan wujud nyata apresiasi dan kecintaan atas keberadaan alquran yang merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada seluruh manusia melalui Rasulullah Muhammad SAW.

"Dengan begitu melalui MTQ tingkat Kabupaten Tulangbawang Barat ini kita mempunyai ukuran tentang prestasi dan juga titik lemah dari proses pembinaan baca tulis Alquran yang berada di seluruh kabupaten setempat,” katanya.

Ia juga mengatakan sisi penting dari penyelenggaran MTQ adalah sebagai wahana mempererat tali persaudaraan dalam komponen agama Islam, seperti para pendidik, santri, pengasuh pondok pesantren, Risma, pengurus organisasi keagamaan serta jajaran eksekutif dan legislatif.

"Eratnya tali persaudaraan dari seluruh komponen umat Islam akan menjadi modal yang sangat berharga untuk mengintensifkan komunikasi guna menggagas agenda untuk memajukan umat, masyarakat dan daerah," jelas Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua LPTQ Provinsi Lampung, Ketua MUI setempat, Ketua dan anggota DPRD Tulangbawang Barat, Forkorpimda dan pejabat terkait lainnya.