Polres Tulangbawang deklarasikan delapan Kampung Damai Pemilu

id polres tulangbawang, kapolres tulangbawang,kampung damai pemilu, pemilu 2024

Polres Tulangbawang deklarasikan delapan Kampung Damai Pemilu

Polres Tulangbawang deklarasikan 8 kampung damai pemilu (ANTARA/HO)

Dalam pembentukan kampung damai pemilu, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh kampung tersebut, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Polres Tulangbawang, Polda Lampung, mendeklarasikan delapan Kampung Damai Pemilu, guna mendukung pesta demokrasi berjalan dengan aman dan lancar.

"Sebelumnya, kami juga telah menginisiasi pembentukan kampung damai pemilu pertama di Provinsi Lampung yaitu Kampung Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang, pada Jumat (2/2)," kata Kapolres Tulangbawang AKBP James H Hutajulu, dalam keterangannya di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, beda pilihan pada pelaksanaan pemilu merupakan hal yang biasa terjadi, tapi semua harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi saat ini masih berlangsung tahapan pemilu berupa kampanye rapat umum.

Ia menyebutkan Kampung Damai Pemilu yang secara masif dibentuk ini, bertujuan untuk menyamakan komitmen dan ikrar seluruh warga masyarakat guna mendukung pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 yang aman, damai, dan sejuk.

James mengatakan pesta demokrasi ini harus didukung oleh semua elemen masyarakat, sehingga dapat dilaksanakan secara aman dan damai, serta menjadi alat pemersatu bangsa, bukan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Dalam pembentukan kampung damai pemilu, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh kampung tersebut, di antaranya memiliki keanekaragaman suku, agama, budaya, ras dan antargolongan, moderasi beragama tinggi, serta komitmen dan ikrar untuk mendukung pemilu yang aman dan sejuk," ujar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004 ini.

Kapolres menerangkan, saat ini di Kabupaten Tulangbawang yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur telah memiliki total sebanyak sembilan Kampung Damai Pemilu.

Adapun delapan Kampung Damai Pemilu yang baru dideklarasikan yakni Kampung Gedung Karya Jitu Kecamatan Rawa Jitu Selatan, Kampung Pendowo Asri Kecamatan Dente Teladas.

Lalu, Kampung Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu, Kampung Panca Tunggal Jaya Kecamatan Penawar Aji, Kampung Purwa Jaya Kecamatan Banjar Margo, Kampung Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala, Kampung Kahuripan Dalem Kecamatan Menggala Timur, dan Kampung Sidoharjo Kecamatan Penawartama.

James menambahkan, sembilan Kampung Damai Pemilu yang telah terbentuk ini, setelah berakhir Pemilu 2024 nanti akan tetap menjadi percontohan untuk kampung-kampung lainnya yang ada di Kabupaten Tulangbawang karena kampung tersebut juga merupakan kampung kerukunan.