PAW anggota KPU Lampung Utara dan Tulangbawang Barat dilantik

id Lampung,KPU,Bandarlampung,KPU Lampung,PAW

PAW anggota KPU Lampung Utara dan Tulangbawang Barat dilantik

Proses Pelantikan PAW dua anggota KPU yanki KPU Lampung Utara dan Tulangbawang Barat di Kantor KPU Lampung. Bandarlampung, Jumat, (27/10/2023) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik dua anggota Pergantian Antar Waktu (PAW) pada KPU Lampung Utara dan KPU Tulangbawang Barat.

"Yang dilantik PAW oleh KPU RI bukan hanya di Lampung, tapi ada juga dari Sumatera Utara, Bangka Belitung dan Sumatera Selatan. Yang dilantik ini semuanya anggota KPU kabupaten dan kota di masing-masing provinsi yang mengalami kekosongan," kata Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang KPU Provinsi Lampung Ali Sidik, di Bandarlampung, Jumat.

Dia mengatakan Marswan Hambali dan Novi Misriyanti dilantik karena dua orang anggota KPU di masing-masing daerah itu sudah mengundurkan diri yakni Cecep Ramdhani di Tulangbawang Barat dan Mad Akhir untuk di Lampung Utara.

"Nah untuk di Tulangbawang Barat karena Cecep Ramdhani adalah ketua maka setelah ini mereka diminta untuk melakukan rapat pleno untuk memilih ketua KPU yang baru. Kalau sekarang ketuanya pelaksana harian (Plh)," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, sesuai arahan Ketua KPU RI, Novi Misriyanti dan Marswan Hambali diminta segera menyesuaikan diri dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya sebagai penyelenggara.

"Mereka berdua kami harap dapat segera menyelaraskan diri secepatnya, hal ini karena sekarang kita berada di tengah tahapan Pemilu 2024 yang sedang berlangsung," kata dia.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji PAW KPU kabupaten/kota periode 2018-2023 dan periode 2019-2024 berlangsung serentak di empat provinsi dan 14 kabupaten, yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Utara, dan Provinsi Lampung.

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan, seluruh PAW KPU kabupaten/kota periode 2018-2023 dan periode 2019-2024 membacakan Pakta Integritas.