Anang Prihantoro: Mahasiswa harus berkualitas

id anang kuliah umum di lamtim

Anggota DPD/MPR RI Ir Anang Prihantoro memberikan hadiah buku kepada Seorang mahasiswa saat memberikan kuliah umum di Kampus STIE Lampung Timur di Way Jepara, Senin (12/2) (Foto: Antaralampung.com/Muklasin)

Hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa adalah mengupgrade intelektualitas individunya atau Sumber Daya Manusia (SDM), kata Anang
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Anggota DPD/MPR RI Anang Prihantoro asal Provinsi Lampung meminta mahasiswa mempersiapkan diri menjadi bagian dari sebuah solusi mengatasi masalah bangsa caranya menyiapkan kemampuan individunya saat masih belajar di kampus.

"Hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa adalah mengupgrade intelektualitas individunya atau Sumber Daya Manusia (SDM)," kata Anang Prihantoro saat memberikan kuliah umum yang mengusung tema "Menjawab tantangan pembangunan sumber daya manusia  Yang menguasai iptek" kepada ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lampung Timur, Senin (12/2.

Dia mengatakan, saat ini Indonesia masih tertinggal dengan negara luar dalam hal kualitas SDM, untuk itu mahasiswa harus mengejar ketertinggalan itu baik intelektualitas soft skil dan hard skil nya.

"Kemampuan Soft Skill itu seperti inisiatif, komitmen, kedisiplinan,  mandiri, kreatifitas dan komunikasi," ujarnya.

Kemudian kemampuan  hard skillnya seperti kemampuan menguasai bahasa asing, menguasai teknologi informasi, mengoperasikan alat dan mesin, memperbanyak sertifikat kompetensi melalui pelatihan-pelatihan.

Menurut Anang, mahasiswa bisa mencontoh sejumlah negara seperti Jepang, Korea Selatan dan Singapura meski miskin sumber daya alam namun karena kaya SDM nya negara-negara tersebut dapat menjadi negara maju.

"Karena mereka memiliki banyak orang yang ahli mengembangkan dan menguasai iptek untuk memanfaatkan  dan mengeksploitasi SDA nya sehingga negaranya sangat maju dibandingkan dengan Indonesia," katanya.

Anang menguraikan tahun 2045 bangsa Indonesia akan merayakan Indonesi Emas atau perayaan 100 tahun kemerdekaan, saat itu mestinya mahasiswa sudah memberikan karya yang terbaik bagi negeri.

Namun Anang mengingatkan SDM yang berkualitas harus bersendikan Pancasila, taat UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"SDM yang berkualitas itu  juga harus pancasilais, beragama, beriman, Tahu UUD 1945, setiap perbuatan harus berpedoman dan tidak bertentangan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan lainya," ujarnya.
 
Hadir dalam kuliah umum itu Rektor STIE Lampung Timur Buchori SP MM beserta dosen setempat.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar