Dinas PU Bandarlampung Miliki Tim Normalisasi Sungai

id kabid sda pu kota

Dinas PU Bandarlampung Miliki Tim Normalisasi Sungai

Kabid SDA Dinas PU Kota Bandarlampung Dedi di Bandarlampung (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Kami miliki tim normalisasi sungai yang siaga 24 jam dan siap menerima pengaduan dari masyarakat jika sewaktu-waktu ada genangan air di jalan atau air sungai mulai meluap, kata Dedi...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung memilki tim nomalisasi sungai yang berperan meminimalisasi banjir atau luapan air yang ada di wilayah tersebut.

"Kami miliki tim normalisasi sungai yang siaga 24 jam dan siap menerima pengaduan dari masyarakat jika sewaktu-waktu ada genangan air di jalan atau air sungai mulai meluap," kata Kabid SDA Dinas PU Kota Bandarlampung Dedi di Bandarlampung, Jumat (29/9).

Dia mengatakan, membutuhkan peran serta masyarakat untuk berperan aktif dalam melaporkan sejumlah titik banjir yang ada di Kota Tapis Berseri.

Ia melanjutkan, laporan itu akan langsung ditindaklanjuti dengan langsung melakukan normalisasi saluran dan sungai sebagai penanganan darurat.

"Termasuk jika ada titik genangan air yang dapat berpotensi memicu banjir, masyarakat dapat segera lapor ke kelurahan atau RT dan bisa juga langsung ke dinas PU," kata dia.

Untuk personel yang disiagakan berjumlah 50 personel dibagi menjadi dua tim penanganan genangan air.

"Tim ini rutin melakukan pengecekan saluran air dan sungai, tapi untuk membantu pengawasan lapangan kami tetap berharap peran serta masyarakat untuk membuat laporan," katanya.

Selama ini, tim Dinas PU Kota selalu berkeliling terutama saat musim penghujan seperti ini untuk menangakan genangan air di Kota Bandarlampung.

"Seperti di Jalan Sultan Agung genangan air sempat mencapai setengah meter telah kami tangani, sehingga jika hujan lebat genangan air di ruas jalan itu tidak lagi tinggi," kata dia.

Ia melanjutkan, pihaknya juga turut serta membantu perawatan pengangkatan rutin sedimentasi di Sungai Way Lunik.

Dalam waktu dekat pihaknya akan membuka nomor pengaduan genangan air yang buka 24 jam.

"Untuk sekarang belum tapi ke depan kita akan membuka layanan pengaduan atau call center untuk mempermudah akses warga melapor," kata dia.

Selain penanganan darurat dan pemeliharaan secara bertahap dinas PU juga melakukan revitalisasi saluran air dan sungai di Kota Bandarlampung.

Berdasarkan data Dinas PU tahun 2017 saluran air atau drainase yang dibangun di antaranya, pembangunan saluran drainase dan talud Way Gunung Sulah Kelurahan Gunung Sulah, drainase Talud a Kelurahan Sukaraja Bumi Waras, pembangunan drainase Jalan Bhineka dan Jalan Padat Karya Labuhan Dalam, pembangunan drainase Jalan Sepakat Kelurahan Jagabaya II dan pembangunan drainase Jalan P Tirtayasa Kecamatan Sukabumi.

(ANTARA)