Kadinkes: Fasilitas "Ponek" RSUDAM Terlengkap di Lampung

id kedinkes kunker rsudam, reihana, yustin ficardo

Kadinkes: Fasilitas "Ponek" RSUDAM Terlengkap di Lampung

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. Hj. Reihana, M.Kes beserta Direktur Utama Dr. Herry Joko, M.Kes mendampingi Ketua TP PKK Ny. Yustin Ficardo foto bersama usai melakukan kunjungam kerja ke Instalasi Kebidanan dan penyakit Kandungan (Ruang D

...Fasilitas ruang `ponek` tersebut berstandar nasional, kata Reihana...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan fasilitas ruang pelayanan obstetri dan neonatus emergensi komprehensif (Ponek) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr H Abdul Moeloek terlengkap di seluruh RS di Lampung.

"Fasilitas ruang `ponek` tersebut berstandar nasional," kata Reihana, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, agenda `Sustainable Development Goal`s` adalah komitmen untuk penurunan angka kematian ibu dan angka kematian anak. Saat ini Provinsi Lampung memiliki 62 rumah sakit baik pemerintah maupun swasta yang mampu melakukan ponek namun baru RSUDAM yang memiliki fasilitas terlengkap.

Menurutnya, prinsip ponek adalah memberikan pelayanan segera dalam 30 menit harus sudah ada tindakan, sehingga apabila memerlukan tindakan operasi, ruang persalinan telah terintegrasi dengan ruang operasi.

Reihana menjelaskan, instalasi kebidanan dan penyakit kandungan di Ruang Delima RSUDAM memiliki 1 ruangan operasi, dengan 7 dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, 5 dokter spesialis anak, dan 2 dokter umum.

Ruang perawatan di instalasi tersebut, lanjutnya, memiliki 55 tempat tidur, yaitu 30 tempat tidur untuk pasien kelas III (1 ruangan untuk 5 pasien), 16 tempat tidur kelas II (1 kamar 3 pasien), 6 tempat tidur kelas I (1 kamar 2 tempat tidur), serta 3 tempat tidur untuk VIP.

Sebelumnya, Ketua PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo melakukan kunjungam ke instalasi kebidanan dan penyakit kandungan di Ruang Delima RSUDAM untuk melihat fasilitas ponek.

"Saya sangat bangga kita memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap untuk ibu dan anak, semoga dapat menurunkan AKI dan AKB di Provinsi Lampung," ujar Yustin.(Ant)