Pengawas RS : Terlalu dini sebutkan kematian pasien akibat malapraktik

id Kematian Pasien di RS Mitra Husada, RS, Pengawas RS : Terlalu dini sebutkan kematian pasien akibat malapraktik

Pengawas RS : Terlalu dini sebutkan kematian pasien akibat malapraktik

RS Mitra Husada Pringsewu Lampung (mitra-husada.com)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Ketua Badan Pengawas Rumah Sakit Indonesia Slamet Riyadi Yuwono mengatakan masih terlalu dini menyebutkan kejadian meninggal pasien usai operasi di RS Mitra Husada Pringsewu akibat malapraktik.
         
"Masih terlalu dini untuk memastikan bahwa penyebab kematian pasien itu malapraktik atau kesalahan dalam tindakan medis yang dilakukan oleh dokter di RS itu," kata dia, saat dihubungi dari Bandarlampung, Kamis.
         
Menurutnya, penyebutan malapraktik juga hanya diberlakukan apabila pihak kepolisian yang menyelidiki telah menetapkannya akibat kesalahan tindakan dokter yang bertugas saat peristiwa itu.
         
"Saya harap semua pihak tidak memperkeruh suasana serta dapat memberikan ruang untuk pihak kepolisian melakukan penyelidikan," katanya lagi.
         
Ia melanjutkan, pihaknya sudah melakukan klarifikasi dengan pihak RS bersama Kepala Dinas Kesehatan setempat terkait masalah itu.
         
"Jadi, biar Polda Lampung dan Balai POM melakukan pemeriksaan. Nanti kalau sudah jelas statusnya baru akan dilakukan tindakan," kata dia pula.