Lampung Tingkatkan Daya Saing Hadapi MEA

id sekda provinsi lampung,arinal djunaidi,sekprov-lampung-arinal-djunaidi

Lampung Tingkatkan Daya Saing Hadapi MEA

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi (lampungprov.go.id)

...MEA diberlakukan akhir Desember 2015 akan menjadi kesempatan yang baik untuk perekonomian nasional pada umumnya dan Lampung khususnya, jika mampu menjawab tantangan dengan meningkatkan daya saing, kata Arinal...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan daya saing produk-produk lokal dan tenaga kerja untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"MEA diberlakukan akhir Desember 2015 akan menjadi kesempatan yang baik untuk perekonomian nasional pada umumnya dan Lampung khususnya, jika mampu menjawab tantangan dengan meningkatkan daya saing," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, berkembangnya berbagai usaha dan kegiatan ekonomi baik skala besar, menengah dan usaha kecil maupun usaha rumah tangga di Provinsi Lampung telah mendongkrak kontribusi sektor--sektor di luar pertanian terhadap produk domestik regional bruto.

Menurutnya, dalam lima tahun terakhir peran sektor non pertanian di Provinsi Lampung naik dari 65,41 persen tahun 2010 menjadi 67,31 persen pada 2014.

Seiring dengan perkembangan berbagai usaha dan kegiatan ekonomi yang tidak begitu populer pada tahun ? tahun sebelumnya seperti bisnis `franchise, e?comerse, atau online business` yang kian berkembang.

Di sisi lain, lanjutnya, Sensus Ekonomi 2016, merupakan agenda nasional sepuluh tahunan sebagaimana amanat Undang?undang No 16 tahun 1997 tentang Statistik.

Ia menjelaskan, menurut rencana sensus akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dan merupakan sensus keenam yang bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi.

Kegiatan ini juga guna memperoleh data dasar seluruh kegiatan ekonomi, serta mengetahui karakter usaha dan daya saing bisnis di Indonesia secara umum dan Provinsi Lampung pada Khususnya.

"Pemerintah termasuk Pemerintah Provinsi Lampung akan menggunakan hasil sensus sebagai landasan dalam penyusunan kebjakan, maupun evaluasi pembangunan," kata Sekda.

"Kalangan dunia usaha juga dapat menjadikan hasil sensus sebagai dasar bagi perencanaan dan pengembangan usaha, melihat pangsa pasar potensi pasar dan jumlah usaha sejenis," tambahnya.