Kemenristek-Dikti bekukan empat PTS di Jambi

id empat pts dibekukan, empat pts di jambi dibekukan, kemenristek-dikti bekukan empat pts

...Kita berharap ini tidak merugikan mahasiswanya," kata Sekda...
Jambi (ANTARA Lampung) - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kedmenristek-Dikti)membekukan empat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jambi karena rasio dosen dan mahasiswa tidak berimbang.

Empat perguruan tinggi yang resmi dinonaktifkan itu adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi (STIE IKABAMA), Akademi Manajemen Koperasi Graha Karya, Akademi Sekretaris dan Manajemen Jambi serta Akademi Bahasa Asing Jambi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Ridham Priskap, di Jambi, Kamis, mengaku telah mendengar penonaktifan empat PTS di Jambi itu.

Dia berharap pembekuan PTS di Jambi ini tidak merugikan mahasiswa dan meminta pengurus PTS yang dinonaktifkan tersebut untuk berkoordinasi dengan Kemenristek-Dikti untuk mencari solusinya.

"Kita berharap ini tidak merugikan mahasiswanya, harus ada suatu upaya agar tidak ada yang dirugikan, pihak perguruan harus koordinasi dengan kementerian," kata Ridham.

Sekda mengatakan, penonaktifan perguruan tinggi merupakan kewenangan Kemenristek-Dikti, apalagi perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi swasta.

"Yang saya tau, menurut Menteri, rasio dosen dan mahasiswa di empat perguruan itu tidak berimbang. Kemudian, sarana penunjang tidak mendukung. Jadi kesimpulannya harus dibekukan. Ini kewenangan Menristek-Dikti dan jika ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, PTS diminta segera memenuhinya," katanya.

Sementara itu, Pembantu Ketua STIE IKABAMA Jambi, Azizah D Uteng, mengaku prihatin terhadap nasib mahasiswa STIE IKABAMA jika memang perguruan mereka dibekukan.

Azizah mengungkapkan, ada lebih dari 1.000 mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi tersebut, apalagi saat ini pendaftaran mahasiswa baru sedang berlangsung.

Dia mengakui rasio dosen dan mahasiswa memang tidak sebanding, meski begitu pihak kampus juga sudah berupaya mendatangkan dosen dari perguruan tinggi lain.(Ant)