UTB Lampung optimistis PTS mampu ciptakan lulusan berkualitas

id Lampung,Mahasiswa,UTB,Mahasiswa Baru

UTB Lampung optimistis PTS mampu ciptakan lulusan berkualitas

Pemukulan gong oleh Rektor UTB Lampung DR Drs Achmad Moelyono MH, saat membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Bandarlampung, Sabtu, (17/8/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Tulangbawang (UTB) Lampung mengaku optimistis perguruan tinggi swasta (PTS)  mampu menciptakan lulusan yang berkualitas yang tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri (PTN).

"Mahasiswa baru pasti sedikit tertekan berkuliah di PTS. Tapi saya yakin PTS juga mampu mencetak sarjana yang tidak kalah dengan PTN, maka kami UTB pun harus siap dengan itu semua," kata Rektor UTB DR Drs Achmad Moelyono MH, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, guna mencetak lulusan perguruan tinggi yang berkualitas dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga sekarang, PTS harus mampu memaksimalkan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Meski sekarang situasi sedang krisis dunia dan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung kondisi mahasiswa jangan sampai terpengaruh dan Tri Darma Perguruan Tinggi tetap harus berjalan dengan baik," ujarnya.

Sehingga, lanjut dia, dibutuhkan langkah-langkah konkret seperti mengikuti program dari pemerintah terkait sistem merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM), guna mendidik mahasiswa yang madiri.

"Kemudian kami juga bekerjasama dengan pihak yayasan untuk mendukung lebih jauh baik pembiayaan pengembangan sumber daya manusia di UTB dan saran serta prasarana," kata dia.

Sementara itu Ketua Pengawas Yapipila Tony Ferdiansyah mengatakan pihaknya akan mendukung penuh seluruh kegiatan dari UTB Lampung termasuk pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

"Kami harap kegiatan ini dapat mecetak mahasiswa-Mahasiswa UTB yang dapat melaksanakan tugasnya dengan baik di kampus ini," kata dia.

Pada kegiatan PKKMB tahun 2022 yang dilakukan secara tatap muka, itu diikuti sebanyak 320 mahasiswa baru UTB termasuk di terdapat penerima program Kartu Indonesia Pintar (KIP).