Ubah Pola Makan

id Ubah Pola Makan

Waykanan (Antara Lampung) - Pola konsumsi pangan masyarakat cenderung kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya, sehingga perlu mengubah pola makan warga dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.
        
Bupati Waykanan, Provinsi Lampung, Bustami Zainudin di Blambanganumpu, Senin, sejumlah upaya telah dilakukan untuk mendorong penerapan pola makan yang beragam dan seimbang gizi di daerahnya, seperti menggelar  Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).
        
"Kegiatan itu merupakan salah satu cara menyosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA," ujar Bupati Bustami didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan setempat, Bani Aras.
        
Kepala Daerah Waykanan periode 2010-2015 itu mengingatkan, masyarakat harus gemar mengkonsumsi ikan namun tetap perlu memperhatikan pula asupan gizi yang seimbang.
        
"Susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan yang ideal," kata mantan Ketua Kosgoro 1957 Waykanan yang saat ini menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Waykanan itu pula.