Berlian Tihang: Masyarakat Sudah Cerdas Memilih

id Berlian Tihang, Mukhlis Basri, Masyarakat Sudah Cerdas Memilih, Pemilu, Pileg, Plgub, Pemilihan Umum, TPS, DPR, DPRD, DR RI, Cagub, Cawagub

Pasangan Calon gubernur dan calon wakil gubernur Lampung Nomor urut-1 masa bhakti 2014-2019 pada Pemilihan gubernur (Pilgub) bersamaan dengan Pemilu Legislatif Rabu 9 April 2014, Ir H Belian Tihang MM dan Drs H Mukhlis Basri. (ANTARA FOTO/Dok KPU/M.T

Kita serahkan semua kepada Allah SWT, saya yakin masyarakat sudah cerdas, dan tetap optimistis bisa memenangkan hati masyarakat."
Bandarlampung (Antara Lampung) - Calon Gubernur Lampung Berlian Tihang menilai bahwa masyarakat daerah ini sudah cerdas menentukan pilihan pada pemilihan gubernur yang bersamaan dengan pemilu legislatif hari ini.

"Kita serahkan semua kepada Allah SWT, saya yakin masyarakat sudah cerdas, dan tetap optimistis bisa memenangkan hati masyarakat," ujar Berlian, usai memberikan hak pilihnya di TPS VII Kepayang Kelurahan Rajabasa di Kota Bandarlampung, Rabu.

Menurutnya, semua usaha dan proses telah dilakukan sesuai dengan prosedurnya tanpa harus mempengaruhi masyarakat dengan hal-hal lainnya.

"Saya dengan masyarakat khususnya di wilayah Rajabasa ini sering bertemu bahkan saat olahraga badminton juga membaur dengan warga," kata dia lagi.

Dalam urusan menang atau kalah, ia melanjutkan, serahkan semua pada yang mengatur, karena jabatan itu merupakan anugerah dan titipan semata.

"Saya tidak cari jabatan, tapi hanya ingin berbuat lebih banyak dalam hal pembangunan saja, makanya ikut menjadi salah satu peserta," katanya pula.

Berlian yang didampingi istrinya Ida Novianti mengaku tidak merasa terbebani oleh pencalonannya sebagai gubernur Lampung periode 2014--2019.

Begitupula ditegaskan oleh istrinya, Ida Novianti yang mengatakan bahwa pencalonan itu dilakukan atas dasar dukungan masyarakat sehingga tidak menjadi beban.

"Tidak ada beban pencalonan bapak, meskipun memang harus mundur dari jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung," kata Ida lagi.

Bahkan, ia menyebutkan, saat orang harus berlomba-lomba tabur simpati melalui politik uang, pihaknya tidak mengikutinya.

"Kita serahkan semua pada masyarakat yang sudah cerdas menentukan pilihan, saya yakin pilihan terbaik akan menjadikan Lampung maju dan lebih baik lagi," ujar dia.

Secara terpisah, Gubernur Lampung Sjachroedin ZP sebelumnya menyarankan kepada warga Lampung untuk memilih calon anggota legislatif yang memiliki rekam jejak yang baik serta memahami kondisi daerah ini dari semua aspek.

Sjachroedin usai mencoblos di TPS 8 Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Telukbetung Utara Kota Bandarlampung, menegaskan masyarakat harus cerdas memilih calon atau partai yang akan dipilihnya.

"Semua visi misi caleg pasti bagus-bagus, tapi itu saja tidak cukup. Pemilih harus tahu siapa yang akan dipilih dan caleg yang layak dipilih juga harus mengerti tentang kondisi wilayah setempat," katanya lagi.

Menurutnya, semua caleg termasuk untuk DPR RI mempunyai visi misi yang bagus, seperti membangun masyarakat untuk lebih maju, kesehatan, pendidikan, dan bidang kesra lainnya.

Namun itu saja tidak cukup, katanya lagi, karena mereka harus memahami karakteristik wilayah yang akan diwakilinya.

Ia pun menilai caleg yang didrop dari pusat tidak memiliki pengetahuan tentang potensi yang ada di daerah ini.  

"Mungkin caleg DPR RI daerah pemilihan Lampung yang didrop tersebut, tidak mengetahui berapa jumlah kecamatan yang akan diwakilinya serta berapa mata pilih yang ada di kecamatam tersebut," kata dia pula.

Caleg yang tidak tahu kondisi wilayah dan permasalahan di daerah yang diwakilinya, saat duduk di legislatif akan kesulitan menjalankan aspirasi dan keinginan masyarakat yang memilihnya, kata Gubernur Lampung yang beberapa bulan lagi akan mengakhiri masa jabatan periode keduanya itu pula.
Pewarta :
Editor: M. Tohamaksun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar