97 Persen Warga Metro Miliki KTP Elektronik

id KTP

97 Persen Warga Metro Miliki KTP Elektronik

Petugas Kecamatan Sukarame sedang melayani warga yang mengurus pengambilan KTP elektronik. (FOTO: ANTARA LAMPUNG/Budisantoso Budiman)

Metro (ANTARA LAMPUNG) - Tercatat 98.000 warga Kota Metro, Lampung telah memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) atau telah terealisasi sekitar 97 persen.
        
"Pemerintah Kota Metro menargetkan sekitar 102.000 penduduk daerah ini memiliki E-KTP," kata Wali Kota Metro Lukman Hakim, di Metro, Rabu.
        
Ia mengatakan berdasarkan data base pemilik KTP jenis sistem informasi administrasi kependudukan (Siak) pada 2008 di Kota Metro sebanyak 120.000 jiwa atau berbeda dibandingkan dengan sistem E-KTP.
        
Menurutnya bahwa telah terjadi perbedaan data base jumlah pemilik KTP jenis Siak dan E-KTP di Kota Metro karena itu perlu adanya revisi data.
        
Lukman mengatakan lebih lanjut, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro harus merevisi kembali data base wajib KTP yang ada. Karena banyak wajib KTP yang terdata, ternyata bukan warga Metro atau sudah tidak ada lagi di Metro.
        
"Masih terdapat kesulitan untuk memastikan apakah wajib KTP di Kota Metro sudah terekam KTP elektronik (e-KTP) seluruhnya. Ada yang memiliki KTP Kota Metro namun sebenarnya bukan warga Metro," jelasnya.
        
E-KTP Metro tambahnya dapat digunakan mereka untuk berbagai kepentingan seperti membayar pajak kendaraan bermotor dan untuk kepentingan lainnya.
        
Disisi lain, ia mengatakan, pihaknya telah melakukan program pembuatan kartu keluarga dan KTP gratis beberapa tahun lalu sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat di kota itu.