Budi Daya Ikan Minapadi Diminati

id Ikan

Liwa (ANTARA LAMPUNG) - Budi daya ikan minapadi makin diminati petani di Kabupaten Lampung Barat, karena biaya produksinya murah, sedang hasilnya cukup menguntungkan.

"Budi daya ikan air tawar melalui media sawah cukup membantu petani dalam menopang perekonomian, karena  saat  panen padi, juga  akan mendapatkan ikan," kata Purwanto, seorang petani di Pekon (Desa) Canggu Kecamatan Batu Brak, Lampung Barat, Jumat.

Petani itu menguraikan, jenis ikan yang cocok dikembangkan di media mina padi diantaranya nila, mujair, dan palau.
        
"Pembesaran ikan melalui mina padi cukup membantu saya dalam meningkatkan penghasilan, katanya.
        
Sektor perikanan menjadi salah satu sektor usaha yang potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Lampung Barat sebab daerah ini memiliki kawasan berupa danau, sungai dan rawa.
        
Budi daya ikan di Kabupaten Lampung Barat semakin berkembang, hal tersebut terlihat dengan semakin bertambahnya masyarakat mengembangkan potensi perikanan ini dengan berbagai media, yakni keramba jaring apung (KJA), keramba jaring tancap (KJT), mina padi, dan kolam buatan.
        
Komitmen perintah setempat dalam meningkakan produksi perikanan, cukup serius, salah satunya dengan menyalurkan bantuan bibit ikan dan modal bagi kelompok pembudidaya ikan, juga melakukan pengawasan serta pemberian informasi pada kelompok pembudidaya di seluruh Lampung Barat. (ANTARA/PSO-049)