Wereng Bukan Penghalang Gapai Target Panen Waykanan

id bupati waykanan, raden adipati surya, hama wereng, serangan wereng

 Wereng Bukan Penghalang Gapai Target Panen Waykanan

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya. Foto Antaralampung.com/Emir FS)

Saya telah perintahkan dinas tanaman pangan hortikultura dan peternakan untuk bisa melakukan pengawasan intens agar tidak ada yang gagal akibat hama wereng tersebut,
Waykanan, (ANTARA Lampung) - Bupati Waykanan, Provinsi Lampung, Raden Adipati Surya menginstruksikan seluruh pihak terkait untuk melakukan pembasmian atau pengendalian hama wereng yang menyerang tanaman padi sehingga tidak mengganggu target panen.

Menurut Adipati di Blambanganumpu, Waykanan, Selasa, sebagai daerah yang memiliki luas lahan pertanian nomor empat di Provinsi Lampung ini sedikit terganggu oleh adanya hama wereng yang menyerang lahan pertanian milik petani.

Tetapi untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Waykanan telah melakukan upaya penyemprotan untuk mengurangi populasi dari hama wereng coklat tersebut.

"Saya telah perintahkan dinas tanaman pangan hortikultura dan peternakan untuk bisa melakukan pengawasan intens agar tidak ada yang gagal akibat hama wereng tersebut," kata Adipati.

Ia pun mengakui, walaupun dengan penyemprotan hama wereng ini tidak bisa untuk memotong populasi hama tersebut, tetapi mengupayakan untuk mengurangi populasi yang sudah ada.

Sebagai daerah dengan luas lahan pertanian nomor empat tersebut, Waykanan dapat mengupayakan menjadi lumbung padi Provinsi Lampung. Bila dilihat dari hasil panen tahun 2016 lalu, jumlah hasil panen padi melebihi target yang telah ditetapkan oleh Pemkab Waykanan yaitu 205.350 ton gabah kering giling (GKG). Ini dikarenakan tidak ada hama wereng yang menyerang.

"Dengan upaya ini kita bisa menaikan jumlah hasil produksi petani, dengan adanya tambahan 500 hektare cetak sawah baru ini bisa lebih menambah banyak hasil produksi padi yang sudah ada, dan walaupun hama wereng menyerang kita tetap mengupayakan hal tersebut agar tetap bisa panen melebihi target yang ada," kata Adipati.

Bupati itu mengharapkan agar pihak terkait bisa terus mengawasi hama wereng yang menyerang sawah para petani agar tidak terjadi gagal panen, karena gagal panen berarti Waykanan juga akan gagal mendukung Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat swasembada pangan serta menjadi penopang kebutuhan pangan nasional.

"Sesuai instruksi Kementerian Pertanian RI pada tahun 2017 target sebesar 4.401.188 ton gabah kering giling (GKG). Dengan jumlah lahan pertanian yang cukup luas kami yakin bisa memberikan sumbangsih dalam target pertanian di tahun ini, apalagi Gubernur Lampung M. Ridho FIcardo menginstruksi kepada kabupaten kota agar pertanian menjadi hal prioritas untuk membantu kebutuhan pangan Indonesia," ujar Raden Adipati Surya.*