Lampung Miliki Potensi PAD

id sutono dan walhi, sekda provinsi lampung, sutono

Lampung Miliki Potensi PAD

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono (FOTO: ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)

...Potensi PAD itu di antaranya berasal dari sektor perikanan, perkebunan, pertanian maupun potensi kekayaan daerah lainnya, kata Sutono...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung memiliki potensi yang berpeluang mendapatkan pendapatan asli daerah cukup besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Potensi PAD itu di antaranya berasal dari sektor perikanan, perkebunan, pertanian maupun potensi kekayaan daerah lainnya," kata Sekdaprov Lampung, Sutono, di Bandarlampung, Selasa (8/11).

Ia menyebutkan, potensi PAD tersebut berupa retribusi tempat pelelangan ikan (TPI) Labuhan Maringgai, perikanan tangkap, retribusi atau pendapatan lainnya atas pemanfaatan aset tetap, bagi hasil provinsi sumber daya hutan, dan pajak alat alat berat.

Pemerintah Provinsi Lampung siap berkoordinasi dan membantu dinas/instansi yang terkait jika diperlukan dalam upaya penggalian potensi kekayaan daerah untuk meningkatkan PAD dan memanfaatkan sumber-sumber kekayaan provinsi terkait bantuan penganggaran dan pembinaan sumber daya manusia.

Pemprov Lampung, menurutnya, telah berkomitmen untuk meningkatkan PAD Provinsi Lampung.

Ia mencontohkan peningkatan PAD melalui perikanan tangkap di daerah Labuhan Maringgai, Lampung Timur diperkirakan dapat meningkatkan potensi PAD sekitar Rp100 miliar per tahun.

"Guna mencapai target itu, Pemerintah Provinsi Lampung akan mengkaji kemungkinan untuk memperbaiki kolam dermaga dan mengatasi sedimentasi dari sungai dan laut di kolam dermaga Labuhan Maringgai, Lampung Timur," tambahnya.(Ant)