Bupati Waykanan Ingatkan Kepedulian Tumbuh Kembang Balita

id Bupati Waykanan Ingatkan Kepedulian Tumbuh Kembang Balita

Waykanan, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Sebagai calon penerus bangsa, kualitas tumbuh kembang balita perlu mendapatkan perhatian serius, yaitu mendapatkan asupan gizi yang baik, ujar Bupati Waykanan Provinsi Lampung, Bustami Zainudin, di Blambanganumpu, sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Rabu (3/9).

Menurut Bupati Bustami pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan Kader Posyandu, Kader BKB, dan Kader/Guru PAUD dalam SDIDTK atau Simulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang, stimulasi yang memadai sesuai dengan tumbuh kembang balita serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan berkualitas termasuk deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang perlu dilakukan.

Bustami yang dilantik memimpin Waykanan oleh Gubernur Lampung periode 2009--2014 Sjachroedin ZP pada 23 Agustus 2010 itu, mengajak para orang tua bisa melakukan stimulasi yang memadai.

"Artinya merangsang otak balita, sehingga perkembangan kemampuan gerak, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian pada balita dapat berlangsung secara optimal sesuai umur anak. Telah kita ketahui bersama bahwa SDIDTK adalah pembinaan tumbuh kembang anak secara komprehensif dan berkualitas melalui kegiatan stimulasi," ujarnya.

Deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang pada masa lima tahun pertama kehidupan, kata Bustami lagi, diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara keluarga, masyarakat dengan tenaga profesional bidang kesehatan, pendidikan dan sosial.

  Peran tenaga kesehatan, kader posyandu, kader BKB dan kader /guru PAUD sangat berperan penting dalam mendidik dan membina masyarakat yang memiliki balita yang bertujuan agar semua balita umur 0--5 tahun dan anak prasekolah umur 5--6 tahun di Kabupaten Waykanan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.