Leverkusen ke perempatfinal Liga Europa

id liga europa,bayer leverkusen,qarabag

Leverkusen ke perempatfinal Liga Europa

Penyerang Bayer Leverkusen Amine Adli (kanan) berusaha mencetak gol pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Europa di BayArena, Leverkusen, Kamis (14/3/2024), (ANTARA/INA FASSBENDER/AFP)

Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen bangkit dari ketinggalan dua gol untuk menang 3-2 atas tamunya Qarabag, pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Europa di BayArena, Leverkusen, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Kemenangan 3-2 tersebut membuat kedudukan agregat menjadi 5-4 untuk Leverkusen, sekaligus memastikan langkah pasukan Xabi Alonso ke fase perempat final, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tuan rumah Leverkusen mencoba menggempur sejak awal, dan mendapat peluang dari tembakan Borja Iglesias yang ditahan kiper Andrey Lunev.

Kendali permainan didominasi Leverkusen pada 20 menit pertama laga, Qarabag yang cepat menumpuk pemain saat diserang membuat tuan rumah kesulitan menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Menjelang turun minum sejumlah peluang berusaha diciptakan Leverkusen. Tetapi lagi-lagi rapatnya barisan pertahanan tim tamu membuat tembakan-tembakan mereka tidak berbuah hasil. 

Di sisi lain, Qarabag beberapa kali mencoba melancarkan serangan, namun tim asal Azerbaijan itu kesulitan mengemas gol. Babak pertama pun ditutup dengan kedudukan 0-0.



Pemain pengganti Ezequiel Palacios mendapat peluang pertama bagi Leverkusen pada babak kedua saat sepakan volinya melebar ke sisi gawang Andrey Lunev. 

Setelah itu Leverkusen kembali mendominasi penguasaan bola, yang dijawab dengan permainan menutup ruang dengan cepat oleh tamunya serta garis pertahanan yang lebih rendah.

Qarabag justru memecah kebuntuan pada menit ke-58. Serangan balik cepat ditutup dengan umpan silang Andrade untuk dikonversi Abdellah Zoubir. 1-0 untuk tim tamu.

Tim tamu kemudian mendapat masalah pada menit ke-62 saat Evlin Jafarguliyev mendapat kartu merah akibat melanggar  Jeremie Frimpong.

Secara mengejutkan, Qarabag yang kalah jumlah pemain justru menggandakan keunggulan pada menit ke-67. Melalui serangan balik dari sisi kanan, Marko Vesovic mengirimkan umpan silang mendatar untuk disambar Juninho.

Leverkusen menghidupkan harapan  menang pada menit ke-72 ketika berhasil memperkecil ketertinggalan. Umpan silang Grimaldo diteruskan dengan sepakan voli Frimpong untuk mengubah skor menjadi 2-1 masih untuk tim tamu.



Kedua tim masih saling jual-beli serangan sebelum pada menit ke-93, Leverkusen menyamakan kedudukan saat umpan silang mendatar Grimaldo disambar Patrik Schick untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Schick menjadi pahlawan Leverkusen pada menit ke-98. Kali ini Schick menerima umpan silang Palacios dengan sundulan untuk membalikkan kedudukan sekaligus mengamankan tiket tim Jerman itu ke fase selanjutnya.

Susunan pemain kedua tim:

Bayer Leverkusen:
Matej Kovar, Odilon Kossonou, Edmond Tapsoba, Piero Hincapie, Robert Andrich, Granit Xhaka, Jeremie Frimpong, J Hofmann, Florian Wirtz, Amine Adli, Borja Iglesias
Pelatih: Xabi Alonso

Qarabag: Andrey Lunev, Marko Vesovic, Mustafazada, B Huseynov, Evlin Jafarguliyev, Julio Rodriguez Romao, Marko Jankovic, Leandro Livramento Andrade, Yassine Benzia, Abdellah Zoubir, Juninho
Pelatih: Qurban Qurbanov



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bangkit kalahkan Qarabag 3-2, Leverkusen ke perempatfinal