Pengelola Tol Bakter latih kesiapan fisik Satpam hadapi Natal dan Tahun Baru

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,Bakter,tol bakter

Pengelola Tol Bakter latih kesiapan fisik Satpam hadapi Natal dan Tahun Baru

Pelatihan satpam yang dilakukan oleh pengelola Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dalam menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Lampung Selatan, Jumat (10/11/2023). ANTARA/HO

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya  PT HaKaaston dalam menciptakan situasi kondusif selama Natal dan Tahun Baru 2024.
Bandarlampung (ANTARA) - Pengelola Jalan Tol Bakauheni-Terbangi Besar (Bakter) PT HaKaaston melatih kesiapan fisik dan mental personel satuan pengamanan (satpam) untuk menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kesiapan fisik dan mental satpam rest area Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi fokus kami dalam menghadapi natal dan tahun baru," kata Manager Area PT HaKaaston Andri Pandiko, di Lampung Selatan, Lampung, Jumat.

Ia mengatakan bahwa para satpam yang ikut dalam pelatihan tersebut sebelumnya sudah memiliki sertifikat, namun untuk mengoptimalkan lancarnya natal dan tahun baru, kembali diberikan pelatihan dasar yang pelaksanaannya melibatkan Kepolisian Daerah (Polda) Lampung.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya  PT HaKaaston dalam menciptakan situasi kondusif selama Natal dan Tahun Baru 2024,” kata dia pula.

Andri mengatakan bahwa kesiapan petugas keamanan menjadi prioritas, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kriminalitas selama menghadapi peningkatan arus kendaraan saat natal dan tahun baru. 

"Selain satpam, kami juga mengedepankan komunikasi aktif dengan kepolisian dan TNI. Tanpa dukungan TNI-Polri, sudah tentu kami akan kesulitan menyiapkan strategi pengamanan, saat puncak arus kendaraan selama natal dan tahun baru,” kata dia. 

Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono mengatakan pendidikan yang diberikan kepada Satpam Rest Area Tol Bakauheni-Terbanggi Besar itu merupakan pelatihan dasar Gada Pratama IX Tahun 2023. 

"Bentuk pelatihan dasar tersebut disiapkan untuk memantapkan mental sekaligus kerja profesional petugas keamanan dalam menciptakan situasi kondusif di tempat kerja," kata dia lagi.

Pelatihan dasar Gada Pratama satpam ini merupakan sarana peningkatan profesionalisme satpam untuk mewujudkan pengamanan swakarsa yang andal.

"Satpam merupakan potensi dan sekaligus garda terdepan yang diharapkan dapat menjadi pelopor dalam keikutsertaannya untuk memelihara dan meningkatkan keamanan serta ketertiban masyarakat," kata dia pula.

Anang menambahkan, satpam pada hakikatnya merupakan salah satu mitra Polri yang diharapkan dengan kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut, mendapatkan pembekalan dalam melaksanakan tugas sebagai keamanan di wilayah kerja masing-masing.

 "Kepada para peserta, kami berharap agar berlatih dengan serius dan bersemangat, sehingga mampu menyerap materi yang diberikan instruktur," kata dia lagi.
Baca juga: Tol Bakter bakal ada penambahan layanan SPBU dan BTS
Baca juga: 17 titik kerusakan di Tol Sumatera ruas Bakter masih diperbaiki