KPU Kota Metro sebut perekrutan KPPS dibuka Desember mendatang

id KPPS,kpu metro

KPU Kota Metro sebut perekrutan KPPS dibuka Desember mendatang

Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama. ANTARA/Hendra Kurniawan

Iya insya Allah untuk tahapan perekrutan KPPS akan mulai dibuka pendaftarannya pada bulan Desember mendatang.
Metro (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, Lampung mempersiapkan perekrutan 4.158 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas di 462 tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

"Iya insya Allah untuk tahapan perekrutan KPPS akan mulai dibuka pendaftarannya pada bulan Desember mendatang," kata Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama, di Metro, Selasa. 

Septa menjelaskan, masyarakat Kota Metro yang ingin mendaftar menjadi anggota KPPS harus tidak berafiliasi dengan partai politik, baik pengurus maupun tim sukses (timses). 

Kemudian, masyarakat yang ingin menjadi anggota KPPS harus memiliki riwayat kesehatan jasmani maupun rohani yang baik. 

"Ini bisa dibuktikan dengan surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter yang berstatus pegawai negeri sipil atau dari rumah sakit," ujarnya pula.

Menurutnya, syarat kesehatan menjadi perhatian serius KPU guna memastikan KPPS tidak memiliki masalah terkait dengan kesehatan fisik dan rohani dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Di samping itu, hal ini untuk mencegah terjadinya kemungkinan hal-hal yang tidak dinginkan dalam tahapan pelaksanaan Pemilu 2024," ujar dia lagi. 

Septa menambahkan, nantinya setiap TPS di Kota Metro akan ada sembilan petugas, yakni tujuh anggota KPPS dan dua orang sebagai pengamanan dan ketertiban TPS.
Baca juga: KPU Metro Lampung targetkan 95 persen partisipasi pemilih Pemilu 2024
Baca juga: KPU Metro jamin pemilih disabilitas akan difasilitasi di Pemilu