KPU Metro jamin pemilih disabilitas akan difasilitasi di Pemilu

id Pemilihdisabilitas

KPU Metro jamin pemilih disabilitas akan difasilitasi di Pemilu

Ketua KPU Metro, Nurris Septa Pratama. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Jadi kita sudah kita petakan dimana pemilih disabilitas ini. TPS yang didatangi oleh pemilih disabilitas itu bakal disiapkan sedemikian rupa sehingga aksesnya mudah dan tidak menyulitkan, jelasnya
Metro (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro memastikan sebanyak 801 pemilih disabilitas yang ada di Bumi Sai Wawai akan difasilitasi pada saat menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

"Ya, dari 128 ribu DPT kita di Pemilu 2024 itu ada 801 pemilih disabilitas yang tersebar di 462 TPS di Kota Metro. Tentu kita fasilitasi ya, agar penyandang disabilitas ini bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 nanti," kata Ketua KPU Metro, Nurris Septa Pratama, Selasa.

Septa menjelaskan, pihaknya sudah memetakan pemilih disabilitas, ini agar tempat pemungutan suara (TPS) pemilih disabilitas tersebut disiapkan alat bantu dan dibuat agar aksesnya lebih mudah.

"Jadi kita sudah kita petakan dimana pemilih disabilitas ini. TPS yang didatangi oleh pemilih disabilitas itu bakal disiapkan sedemikian rupa sehingga aksesnya mudah dan tidak menyulitkan," jelasnya. 

"KPU memfasilitasi betul disabilitas ini ya. Akses ke TPS juga kita mudahkan, pendamping. Kita ingin TPS kita ramah disabilitas jadi semua bisa memilih dan menyalurkan hak suaranya," imbuhnya. 

Ia juga memastikan baik alat bantu maupun logislitk seperti surat suara di TPS Kota Metro bisa bisa digunakan oleh pemih disabilitas nanti saat menyalurkan hak suaranya.

"Jadi ini salah satu ikhtiar kita untuk memastikan Pemilu 2024 yang mempunyai tagline sarana integrasi bangsa sebagai layanan yang harus diberikan kepada masyarakat di Kota Metro," tandasnya. 

Diketahui, dari jumlah pemilih disabilitas tersebut terdiri dari disabilitas fisik sebanyak 432 orang, intelektual 25 orang, mental 224 orang, sensorik wicara 69 orang, sensorik rungu 15 orang dan sensorik netra 36 orang.