Pemkot Bandarlampung sebut utang ke SMI dibayar bertahap

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,BPKAD Bandarlampung

Pemkot Bandarlampung sebut utang ke SMI dibayar bertahap

Arsip Foto-Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandarlampung M Nur Ramdhan. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengatakan bahwa pembayaran utang kepada Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dilakukan secara bertahap setiap tahunnya.

“untuk pembayaran utang ke SMI, Pemkot Bandarlampung itu mencicil bayarnya, bahkan hal itu sudah dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M Nur Ramdhan, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan bahwa Pemkot Bandarlampung telah menganggarkan dana sebesar Rp20 miliar untuk mengangsur utang ke SMI pada 2024 mendatang sesuai dengan jatuh temponya.

"Kami sudah siapkan anggarannya untuk bayar SMI, tapi memang jatuh tempo pembayarannya di tahun depan," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa besaran hutang Pemkot Bandarlampung ke SMI tersisa sebesar Rp140 miliar yang akan dibayar dengan cara dic

"Hutang Rp149 miliar itu dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur di kota ini dan diperuntukkan guna pembangunan dan renovasi sekolah-sekolah di Bandarlampung," kata dia.

Ramdhan pun menegaskan bahwa untuk tahun ini, Pemkot Bandarlampung tidak akan melakukan pinjaman ke SMI lagi, sebab masih fokus untuk melakukan pelunasan hutang yang ada saat ini.

"Tahun ini, kami tidak meminjam ke SMI lagi, karena akan melakukan pelunasan terlebih dahulu," kata dia.