Menkominfo sebut seribu jurnalis bersiap meliput KTT ke-43 ASEAN 2023

id KTT ASEAN,jurnalis

Menkominfo sebut seribu jurnalis bersiap meliput KTT ke-43 ASEAN 2023

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (tengah) dalam Media Gathering Persiapan KTT ke-43 ASEAN 2023, Jakarta, Senin (28/8/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebutkan sebanyak 1.077 jurnalis siap meliput Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023.

"Jumlah yang telah mendaftar sebanyak 1.077 personel terdiri dari 326 jurnalis asing, 37 jurnalis asing di Indonesia serta 524 jurnalis Indonesia termasuk kru penyiaran," kata Menkominfo Budi dalam Media Gathering Persiapan KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Senin.

Budi menuturkan registrasi pendaftaran jurnalis dalam ajang ini sudah dimulai sejak 5 hingga 25 Agustus 2023 yakni  sebanyak 170 media internasional dan 70 media nasional terdaftar.
Selain itu, pihaknya juga menyediakan fasilitas Media Center di Exhibition Hall B Jakarta Convention Center dengan kapasitas mampu menampung 2.500 awak pers.

"Media center ini akan beroperasi pada 2 sampai 8 September 2023 bekerjasama dengan PT Telkom sebagai penyedia koneksi internet," katanya. 

Dengan adanya tempat bekerja hingga makan, ia berharap mampu mengakomodasi kebutuhan jurnalis untuk bisa bekerja secara kondusif.

Pola kerja yang diterapkan jurnalis nantinya dimulai dari produksi konten publikasi hingga persetujuan dari media masing-masing bisa dilakukan di media center, sebelum tayang di media sosial dan media arus utama mereka.
Tim redaksi akan menavigasi konten yang ditayangkan dan disebarluaskan untuk memitigasi potensi komunikasi yang mungkin muncul seputar penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN.

"Pemberitahuan media juga akan kami tayangkan ke laman asean.2023.id beserta informasi lainnya yang dapat diakses oleh rekan-rekan jurnalis dan masyarakat umum," ujarnya.

Budi menegaskan sejumlah ketersediaan fasilitas bagi para jurnalis ini tertuang dalam Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 5 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada the Association of Southeast Asian Nations Tahun 2023.


Harapannya, kesuksesan KTT ke-43 ASEAN mampu tercipta dari adanya kerja kolaborasi yang mampu mengharumkan nama Tanah Air hingga diakui kepemimpinannya oleh dunia.
"Dukungan dari rekan-rekan pemimpin redaksi, teman-teman media menjadi satu hal yang sangat penting dalam keberhasilan penyelenggaraan KTT-43 ASEAN ini," katanya. 

KTT ke-43 ASEAN itu nantinya akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat mulai 5-7 September 2023 dan diikuti sekitar 26 negara.
Selain negara-negara anggota ASEAN, delegasi lain di antaranya dari Australia, India, Tiongkok, Jepang, Republik Korea, Federasi Rusia, Amerika Serikat, Kanada, hingga perwakilan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengikuti rangkaian acara tersebut.
 
Nantinya akan ada beberapa acara sampingan (side event) yang digelar di pekan pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di antaranya seperti ASEAN "Bussiness Summit" yang dilangsungkan oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan juga ASEAN Investment Forum yang dilangsungkan oleh Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM).