Dompet Dhuafa Bersama IMZ dan LSP MSDM adakan sertifikasi manajemen SDM

id Dompet Dhuafa, MSDM Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Bersama IMZ dan LSP MSDM adakan sertifikasi manajemen SDM

Dompet Dhuafa Bersama IMZ danĀ  LSP MSDM adakan sertifikasi manajemen SDM. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

...dengan mekanisme sertifikasi ini maka kita dapat menstandarkan kompetensi dan proses Human Capital yang standar.
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 17 perwakilan Human Capital dari Organ dan Cabang Dompet Dhuafa mengikuti pelatihan, bimbingan teknis dan persiapan uji kompetensi sertifikasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang diselenggarakan bersama IMZ dan LSP MSDM Indonesia. 

Kolaborasi ini untuk mengakomodir regulasi pemerintah terkait dengan standardisasi kompetensi pengelola Human Capital. Kementerian Tenaga Kerja telah mengeluarkan SK No. 115 Tahun 2022 tentang pemberlakuan wajib memiliki sertifikasi kompetensi bagi profesi/praktisi bidang SDM sesuai dengan SKKNI No. 149 Tahun 2020. 

Diawali dengan penguatan materi-materi SDM, melalui rangkaian pelatihan IMZ peserta mendapatkan knowledge berbasis unit kompetensi skema supervisor sumber daya manusia. Pelatihan yang dilakukan di tanggal 26-27 Juni dan bimbingan teknis di tanggal 4 Juli 2023 ini seyogianya mempersiapkan peserta menuju sertifikasi tanggal 13 Juli 2023.

Apa itu SKKNI dan KKNI?

SKKNI dan KKNI merupakan blue book atau standar yang sudah secara legitimate diakui oleh negara. Semua bidang industri mengembangkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI).

Jika kita sekolah selama ini, kurikulum kita sodorkan ke Diknas untuk dapat pengesahan. Maka, SKKNI adalah analogi kurikulum dalam dunia kerja. Kompetensi baku yang harus dimiliki oleh pelaku industri masing-masing. Skema ini bersesuaian dengan dunia pendidikan jurusan atau program studi, SKS dalam dunia pendidikan.

KKNI sebuah dokumen yang legitimate, produk negara yg diproduksi Kemenaker. Standar adalah sebuah hasil konsensus nasional, kesepakatan nasional dalam mengembangkan standar. Prosesnya melibatkan seluruh stakeholder di Indonesia. 

"Saya mengapresiasi untuk Dompet Dhuafa, dengan mekanisme sertifikasi ini maka kita dapat menstandarkan kompetensi dan proses Human Capital yang standar. Semua operasional di organisasi dapat diimplementasikan untuk allignment dan keselarasan praktik-praktik yang ada,"

"Kita berterima kasih juga dengan pemerintah atas regulasi, acuan yang diberlakukan secara nasional maka eksistensi keilmuan di SDM pelan-pelan diakui di Indonesia," kata Dinar Wulan Sutoto, Ketua LSP MSDM Indonesia menyampaikan dalam bimtek daring 4 Juli 2023 ini.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.
Baca juga: 30 Tahun Dompet Dhuafa, salurkan 300 ekor hewan kurban sapi di Sulawesi Tenggara
Baca juga: LPM Dompet Dhuafa gelar jambore anak hebat untuk 100 yatim