Kabupaten Lampung Selatan gelar roadshow program swasembada gizi dan penguatan kapasitas

id lampung, Lampung Selatan, Lamsel,stunting lampung selatan

Kabupaten Lampung Selatan gelar roadshow program swasembada gizi dan penguatan kapasitas

Kabupaten Lampung Selatan komitmen gelar roadshow program swasembada gizi dan penguatan kapasitas. ANTARA/HO-Pemkab Lamsel

Strategi penurunan stunting sudah ditetapkan sebagai salah satu isu nasional yang menjadi fokus dan prioritas pembangunan.

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto bersama tim komitmen menggelar kegiatan Roadshow Program Swasembada Gizi dan Penguatan Kapasitas TPPS pada tingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan di seluruh Kabupaten Lampung Selatan.

Roadshow dilaksanakan di Balai Desa Sidomukti, Kecamatan Tanjung Sari yang diselenggarakan baik secara tatap muka atau secara virtual melalui zoom meeting, Senin (8/8).

“Kegiatan ini diikuti oleh TPPS kecamatan, desa serta Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari bidan desa, kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Kader KB,” kata Winarni

Menurutnya, tujuan diselenggarakannya roadshow program swasembada ini sebagai sarana penguatan kapasitas gerakan swasembada gizi melalui program dan kegiatan yang telah diselenggarakan.

Winarni harapkan menjadi akses koordinasi dan konsolidasi TPPS kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan serta kader penggerak gerakan swasembada gizi dan untuk memonitoring gerakan swasembada gizi, pelayanan program, terkait penurunan stunting dan pameran program kegiatan.

Strategi penurunan stunting sudah ditetapkan sebagai salah satu isu nasional yang menjadi fokus dan prioritas pembangunan. Guna percepatan penurunan stunting harus benar-benar dijalankan oleh seluruh pemangku kepentingan.

Camat Tanjung Sari M Dicki Serlanda melaporkan, pada tahun 2021 di Kecamatan Tanjung Sari data prevalensi balita Stunting ditemukan 73 anak dari 8 desa lokus stunting, dan di tahun 2022 jumlah tersebut menurun menjadi 27 anak di 8 desa.

"Pada tahun 2022 telah dilaksanakan inovasi berupa pencegahan stunting mulai dari hulu (remaja putri) melalui Inovasi terintegritasi Pos Remaja Putri Bebas Anemia atau yang akrab dengan sebutan ”Poetri Bisa”. Selain itu, juga telah dibentuk konselor sebaya di wilayah Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan,” katanya lagi.

Pada Roadshow Program Swasembada Gizi di Kecamatan Tanjung Sari akan dilakukan penyematan selempang dan juga penyerahan buku kepada 5 orang konselor kesehatan remaja yang akan langsung disematkan Oleh Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan.
Baca juga: Lampung Selatan targetkan 2024 "zero stunting"
Baca juga: Kabupaten Lampung Selatan raih penghargaan dalam aksi konvergensi penurunan stunting