Harga cabai di Bandarlampung masih tinggi

id harga cabai, cabai merah, cabai rawit, pasar tradisonal

Harga cabai di Bandarlampung masih tinggi

Harga cabai di Bandarlampung masih tinggi. ANTARA/HO

Bandarlampung (ANTARA) - Harga cabai di sejumlah pasar di Bandarlampung setelah Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah masih tinggi, mencapai Rp130.000 per kilogram, sehingga dikeluhkan pedagang maupun pembeli.

Puput, salah satu pedagang di pasar tempel Rajabasa Bandarlampung, Rabu, mengaku mengeluhkan masih tingginya harga cabai. 

"Harga cabai masih tinggi, pasca Idul Adha," kata dia.

Menurutnya, harga cabai yang paling mahal di pasaran yaitu cabai rawit merah yang harganya mencapai Rp130.000/kg. Untuk cabai lainnya seperti cabai merah dan cabai hijau berkisar di harga Rp110.000/kg. 

Sedangkan, kata dia lagi, harga cabai sebelum Lebaran Haji sudah tinggi tetapi tidak setinggi pascalebaran, untuk cabai rawit seharga Rp120.000/kg dan cabai merah dan hijau seharga Rp90.000/kg.

Sama dengan di Pasar Tempel Rajabasa, harga cabai di Pasar Koga juga masih tinggi di pekan kedua bulan Juli ini. Karena tingginya harga cabai ini penjualan cabai mengalami penurunan. 

"Kalo pembeli sih tetap ramai, tapi belinya cuma sedikit, yang biasanya beli 1 kilogram ya sekarang cuma setengah kilogram jadi penjualan juga menurun," ujar Sumiyati, salah satu pedagang di Pasar Koga.

Bukan hanya pedagang saja yang mengeluhkan kenaikan cabai ini, mulai dari ibu rumah tangga sampai pedagang makanan pun ikut mengeluh karena harga cabai yang tetap tinggi ini.

"Kami menjerit setiap belanja, yang biasanya beli 3 kilogram cabai, jadi cuma 1 kilogram, yang biasanya 40 ribu per kilogram sekarang jadi Rp120 ribu per kilogram, jadi diakalin saja cabainya dikurangin, kacangnya dibanyakin, tapi tetap tidak mengubah rasa kok," kata Asep, seorang pedagang somay di Pasar Koga.

Untuk harga komoditas lainnya sebelum dan sesudah Lebaran yakni bawang merah tetap tinggi yaitu pada harga Rp70.000/kg, sedangkan harga bawang putih turun yaitu Rp17.000/kg. 

Masyarakat berharap semoga harga cabai, bawang, bahan pokok, dan lainnya dapat turun dan tetap stabil.
Baca juga: Di Aceh, harga capai Rp200 ribu per kilogram
Baca juga: Harga cabai di Palembang tembus Rp120.000/kg